PELAKSANAAN PENDAMPINGAN BAGI LANJUT USIA DALAM MENUJU LANJUT USIA SEJAHTERA DI UNIT REHABILITASI SOSIAL “WILOSO WREDHO” PURWOREJO

Agustine Lilin Cahyani, Agustine (2017) PELAKSANAAN PENDAMPINGAN BAGI LANJUT USIA DALAM MENUJU LANJUT USIA SEJAHTERA DI UNIT REHABILITASI SOSIAL “WILOSO WREDHO” PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Agustine Lilin Cahyani_13102241047.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pendampingan bagi lansia dalam menuju lansia sejahtera di Unit Rehabilitasi Sosial “Wiloso Wredho” Purworejo; (2) Mendeskripsikan peran pendamping Unit Rehabilitasi Sosial “Wiloso Wredho” Purworejo; (3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan pendampingan lansia; (4) Mendeskripsikan manfaat pelaksanaan pendampingan dalam upaya peningkatan kesejahteraan sosial lansia di Unit Rehabilitasi Sosial “Wiloso Wredho” Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah lansia di Unit Rehabilitasi Sosial “Wiloso Wredho” Purworejo. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan display data, reduksi data dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pendampingan lansia dalam bentuk pembinaan: fisik, sosial, mental spiritual, kesehatan, dan keterampilan yang meliputi (a) penyampaian materi, (b) Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktek, (c) Media yang digunakan seperti buku, (d) Sikap pembimbing dan pendamping dalam kegiatan pembinaan baik, penuh perhatian, tegas, dan akrab. (2) Peran pendamping adalah (a) pemberi motivasi, (b) pemungkin, (c) pembela, (d) penghubung, (e) pembimbing. (3) Faktor pendukung pendampingan adalah (a) adanya dukungan dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, (b) adanya Sumber Daya Manusia (SDM), (c) adanya kerjasama antar pendamping dan lembaga terkait, (d) kondisi geografis yang cukup strategis. Faktor penghambat pendampingan adalah (a) sarana dan prasarana yang kurang memadai, (b) keterbatasan kondisi fisik dan mental lansia, (c) rendahnya motivasi lansia mengikuti kegiatan pembinaan. (4) Manfaat pelaksanaan pendampingan bagi lansia antara lain: terpenuhinya kebutuhan jasmani, rohani, dan sosialnya. Dengan terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan tersebut maka dapat meningkatkan kesejahteraan hidup lansia. Kata kunci: Pelaksanaan Pendampingan, Lansia Sejahtera, Unit Rehabilitasi Sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 23 Aug 2017 02:18
Last Modified: 23 Aug 2017 02:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52369

Actions (login required)

View Item View Item