Keefektifan Penggunaan Teknik Rencana Prabaca dan Teknik Hubungan Tanya-Jawab dalam Pembelajaran Pemahaman Bacaan Siswa SMP Negeri 3 Imogiri Bantul.

Viera, Budyariesqa (2017) Keefektifan Penggunaan Teknik Rencana Prabaca dan Teknik Hubungan Tanya-Jawab dalam Pembelajaran Pemahaman Bacaan Siswa SMP Negeri 3 Imogiri Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-viera-budyariesqa-14715251002.swf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) keefektifan teknik Rencana Prabaca dibandingkan dengan teknik konvensional dalam pembelajaran pemahaman bacaan siswa SMP Negeri 3 Imogiri Bantul, (2) keefektifan teknik Hubungan Tanya-Jawab dibandingkan dengan teknik konvensional dalam pembelajaran pemahaman bacaan siswa SMP Negeri 3 Imogiri Bantul, dan (3) mengetahui teknik pembelajaran yang lebih efektif antara teknik Rencana Prabaca, teknik Hubungan Tanya-Jawab, dan teknik konvensional dalam pembelajaran pemahaman bacaan siswa SMP Negeri 3 Imogiri Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Imogiri Bantul. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling terpilih kelas ekperimen 1 (teknik Rencana Prabaca) adalah VIIB, kelas ekperimen 2 (teknik Hubungan Tanya-Jawab) adalah VIID, dan kelas kontrol (teknik konvensional) adalah VIIC. Instrumen berupa tes pilihan ganda tentang pemahaman bacaan berdasarkan standar membaca PISA 2015. Validitas instrumen berupa validitas isi dikonsultasikan kepada expert judgement dan validitas konstruk menggunakan analisis faktor diperoleh nilai KMO sebesar 0,649. Hasil reliabilitas instrumen dengan teknik K-R 20 diperoleh 0,964 (0,964>0,6=reliabel). Data dianalisis menggunakan teknik ANAVA satu jalur dan uji Scheffe dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil pengujian prasyarat analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji ANAVA data rerata skor pretest kelompok eksperimen 1 (62,3658), kelompok ekperimen 2 (62,7084), dan kelompok kontrol (62,5398) diperoleh nilai F=0,012 dan p=0,988 (0,988>0,05≠signifikan) menunjukkan bahwa kemampuan awal ketiga kelompok tidak berbeda secara signifikan. Hasil uji ANAVA data rerata skor posttest kelompok eksperimen 1 (82,9039), kelompok ekperimen 2 (78,3331), dan kelompok kontrol (68,7506) diperoleh nilai F=46,939 dan p=0,000 (0,000<0,05=signifikan) menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan kemampuan pemahaman bacaan antara ketiga kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) teknik Rencana Prabaca lebih efektif dibandingkan dengan teknik konvensional dalam pembelajaran pemahaman bacaan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Imogiri Bantul, (2) teknik Hubungan Tanya-Jawab lebih efektif dibandingkan dengan teknik konvensional dalam pembelajaran pemahaman bacaan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Imogiri Bantul, dan (3) teknik Rencana Prabaca merupakan teknik yang lebih efektif daripada teknik Hubungan Tanya-Jawab dan teknik konvensional dalam pembelajaran pemahaman bacaan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Imogiri Bantul.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: teknik Rencana Prabaca, teknik Hubungan Tanya-Jawab, pembelajaran pemahaman bacaan.
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Aug 2017 02:18
Last Modified: 09 May 2019 08:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52368

Actions (login required)

View Item View Item