Analisis Kemampuan Proportional Reasoning Siswa SMP.

Mardika, Fitria (2017) Analisis Kemampuan Proportional Reasoning Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fitria-mardika-15709251076.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan tingkat kemampuan proportional reasoning siswa SMP, dan (2) mengidentifikasi kesulitan yang dialami siswa SMP dalam menyelesaikan permasalahan proportional reasoning siswa. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk mendeskripsikan kemampuan proportional reasoning siswa SMP. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP negeri di kota Yogyakarta, sebanyak 16 sekolah terdiri atas 3.480 siswa pada tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling, karena populasi yang tidak homogen dan terdiri dari beberapa strata berdasarkan rata-rata nilai Ujian Nasional (UN) tahun 2016. Sampel penelitian berjumlah 158 siswa yang mewakili sekolah dengan kategori sekolah A, B, C, dan D. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan proportional reasoning yang terdiri atas 3 soal uraian, yaitu: (1) missing value problems jenis perbandingan senilai, (2) missing value problems jenis perbandingan berbalik nilai, dan (3) comparison problems. Kemampuan proportional reasoning ditinjau dari kemampuan siswa mengekspresikan suatu hubungan proporsional ke dalam model matematika, menganalisis suatu hubungan proporsional, dan menjelaskan jawaban yang diberikan terkait suatu hubungan proporsional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa pada sekolah berkategori A dan B memiliki kemampuan proportional reasoning sedang. Siswa pada sekolah berkategori C dan D memiliki kemampuan proportional reasoning rendah, (2) tingkatan kemampuan proportional reasoning siswa secara umum dapat dilihat dari kategori sekolah. Kategori sekolah mencerminkan prestasi belajar siswa, sehingga hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa mencerminkan kemampuan proportional reasoning, dan (3) kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan permasalahan proportional reasoning berbeda-beda berdasarkan tipe soal. Untuk permasalahan missing value problem jenis perbandingan senilai, siswa kesulitan dalam menemukan hubungan multiplikatif yang terdapat pada soal. Untuk permasalahan missing value problem jenis perbandingan berbalik nilai, siswa kesulitan dalam memahami makna perbandingan berbalik nilai, siswa dapat menemukan hubungan kuantitas yang ditanyakan secara kualitatif. Selain itu, terdapat siswa yang menunjukkan kemampuan intuisi yang baik dalam menyelesaikan perbandingan berbalik nilai. Untuk permasalahan comparison problems, siswa kesulitan menjelaskan jawaban yang diberikannya terkait permasalahan pada soal.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: proportional reasoning
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Aug 2017 02:02
Last Modified: 09 May 2019 08:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52367

Actions (login required)

View Item View Item