LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK IBU PAWIYATAN TAMAN SISWA

YUDHA YUSITRA ADIPUTRA, YUDHA YUSITRA ADIPUTRA (2013) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK IBU PAWIYATAN TAMAN SISWA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
1.COVER.doc

Download (67kB)
[img] Text
2. Halaman Pengesahan.doc

Download (31kB)
[img] Text
3. KATA PENGANTAR.doc

Download (49kB)
[img] Text
4.DAFTAR ISI.doc

Download (25kB)
[img] Text
5. Abstrak.doc

Download (36kB)
[img] Text
6 BAB I,II,III.doc

Download (191kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN OBSERVASI SEKOLAH.doc

Download (102kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN LAPORAN MINGGUAN PPL.doc

Download (79kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN SILABUS SENI RUPA.doc

Download (204kB)
[img] Text
9. lampiran Rpp grafis.doc

Download (8MB)
[img] Text
10. LAMPIRAN SILABUS SENI RUPA.doc

Download (204kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN TABEL REKAP NILAI.doc

Download (59kB)
[img] Text
12. LAMPIRAN FOTO DOKUMENTASI.doc

Download (12MB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di lokasi SMK Ibu Pawiyatan Taman Siswa Yogyakarta yang terletak di Jl. Taman Siswa No. 25 C, Gg Roromendut dan berlangsung selama kurang lebih 11 minggu hitungan Kalender normal, sejak tanggal 1 Juli 2013 sampai dengan 15 September 2013. Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, sosial serta memberikan kesempatan untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran pada umumnya dan pembelajaran Seni Rupa pada khususnya. Kegiatan praktek pengalamam Lapangan (PPL) meliputi kegiatan praktek mengajar dan kegiatan lainnya yang diselenggarakan oleh pihak sekolah. Praktik mengajar dimulai sejak tanggal 20 Juli 2012 yang dilakukan di kelas X Multimedia (MM) dan XI Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Adapun jumlah pelaksanaan praktik mengajar dikelas sebanyak 17 pertemuan. Adapun hasil yang dicapai selama PPL, praktikan memperoleh pengalaman dan ketrampilan untuk melaksanakan pembelajaran dan kegiatan manajerial di sekolah. Praktik mengajar yang dilaksanakan dapat berjalan lancar umumnya sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) meskipun masih terdapat hambatan baik yang bersifat klasikal maupun teknis. Hambatan yang ada dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan pihak yang terkait yaitu guru pembimbing sehingga permasalahan segera dapat diselesaikan. Kegiatan Pengalaman Lapangan (PPL) ini memberikan manfaat yang dapat diambil adalah mahasiswa dapat merasakan secara langsung kegiatan pembelajaran di kelas dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar (KBM). Ilmu yang sudah diterima di kampus benar-benar dapat dimanfaatkan dan dibagikan kepada para siswa serta praktikan dapat belajar mengelola kegiatan belajar-mengajar di kelas dengan baik walaupun masih terdapat kekurangan-kekurangan yang ditemui selama kegiatan PPL ini berlangsung. Namun hal yang paling penting dengan PPL ini, mahasiswa praktikan memperolah pengalaman yang berharga, yang terkait dengan hubungan kekeluargaan yang sudah terjalin dengan para siswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Aug 2017 08:06
Last Modified: 01 Oct 2019 12:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52348

Actions (login required)

View Item View Item