PENGEMBANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN RESISTOR MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMKN 3 YOGYAKARTA

Fitra Mega, Kurniawan (2017) PENGEMBANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN RESISTOR MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMKN 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Tugas Akhir Skripsi_Fitra Mega Kurniawan_15502247003.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dari hasil observasi yang telah dilakukan ada beberapa peserta didik mengalami kesulitan dalam belajar resistor. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran resistor kelas X program keahlian teknik audio video menggunakan augmented reality berbasis android, Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research dan Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluation). Pengujian kualitas perangkat lunak menggunakan ISO 25010. Metode pengumpulan data menggunakan angket. validasi media pembelajaran melibatkan dua ahli materi pembelajaran, dua ahli media pembelajaran, sedangkan validasi perangkat lunak melibatkan tiga ahli pemrograman. Selain itu uji coba pemakaian dilakukan pada 10 siswa kelas x program keahlian teknik audio video di SMKN 3 Yogyakarta . Teknik analisis data untuk kelayakan modul menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembuatan media pembelajaran menggunakan augmented reality berbasis android dengan software unity5.0, validasi materi memperoleh 93,19% dengan tingkat kelayakan sangat Layak, validasi media mendapatkan 77.96% dengan tingkat kelayakan sangat Layak, pengujian functional suitability mendapatkan 100% sangat baik, pengujian performance efficiency dalam penggunaan CPU memperoleh rata-rata 24% dan pengunaan memori tidak menyebabkan force close, Sedangkan uji pengguna oleh peserta didik mendapatkan 86,32% dengan tingkat kelayakan sangat Layak. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran menggunakan augmented reality berbasis Android telah layak dan sesuai sebagai media pembelajaran pada pembelajaran Teknik Dasar Listrik dengan materi Resistor.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Teknik Dasar Listrik, Resistor, Augmented Reality
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 Aug 2017 01:38
Last Modified: 30 Jan 2019 14:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52347

Actions (login required)

View Item View Item