EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN CHEMIST-TRIP PADA MATA PELAJARAN KIMIA SMA TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER II MAN YOGYAKARTA III UNTUK MATERI LARUTAN ASAM BASA

Khoiriyah, Septi Nur (2017) EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN CHEMIST-TRIP PADA MATA PELAJARAN KIMIA SMA TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER II MAN YOGYAKARTA III UNTUK MATERI LARUTAN ASAM BASA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 skripsi septi nur.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan pada prestasi dan motivasi belajar kimia, antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan media Chemist-Trip dengan peserta didik yang menggunakan media PowerPoint di kelas XI semester 2 MAN Yogyakarta III. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA MAN Yogyakarta III sebanyak 143 peserta didik yang terbagi menjadi 5 kelas. Sampel penelitian sebanyak 58 peserta didik yang diambil secara cluster sampling. Sampel ini terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data pengetahuan awal dan prestasi belajar kimia yang dianalisis menggunakan analisis kovarian (anakova) serta data motivasi belajar kimia peserta didik kelas eksperimen dan kontrol yang dianalisis menggunakan uji-t sama subjek dan uji-t beda subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan media Chemist-Trip dengan peserta didik yang menggunakan media PowerPoint. Ada perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan media Chemist-Trip dengan peserta didik yang menggunakan media PowerPoint.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 22 Aug 2017 07:41
Last Modified: 30 Jan 2019 14:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52345

Actions (login required)

View Item View Item