Fitriani, Endah Nur (2017) PENGARUH MODEL CHEMISTRY OUTDOOR ACTIVITY PADA PEMBELAJARAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT TERHADAP KETERAMPILAN KERJA SAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.
|
Text
BAB 1 Skripsi Endah.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) profil keterampilan kerja sama siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Chemistry Outdoor Activity dengan siswa yang tidak mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Chemistry Outdoor Activity, (2) ada tidaknya perbedaan prestasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Chemistry Outdoor Activity dengan siswa yang tidak mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Chemistry Outdoor Activity, jika pengetahuan awal kimia siswa dikendalikan secara statistik. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan jenis nonequivalent control group. Sampel penelitian berjumlah 64 siswa dari jumlah populasi 128 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen (COA) dan kelas kontrol (Jigsaw) yang diambil secara purposive sampling. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa data pengetahuan awal kimia, data observasi keterampilan kerja sama, dan prestasi belajar kimia siswa. Data ini kemudian dianalisis menggunakan uji Anakova dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan kerja sama siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Chemistry Outdoor Activity memiliki hasil yang lebih baik jika dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw, (2) tidak ada perbedaan antara prestasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Chemistry Outdoor Activity dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Depositing User: | Admin Kimia FMIPA |
Date Deposited: | 22 Aug 2017 07:11 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:56 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52343 |
Actions (login required)
View Item |