IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MA’ARIF 1 TEMON TAHUN AJARAN 2016/2017

PUSPITANINGSIH, PUSPITANINGSIH (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MA’ARIF 1 TEMON TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_PUSPITANINGSIH_13803244004.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) Aktivitas Belajar Akuntansi; (2) Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Ma’arif 1 Temon Tahun Ajaran 2016/2017 melalui implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Ma’arif 1 Temon Tahun Ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dapat: (1) meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Ma’arif 1 Temon Tahun Ajaran 2016/2017. Skor rata-rata Aktivitas Belajar Akuntansi meningkat sebesar 13,12% dari skor rata-rata siklus I sebesar 73,97% menjadi 87,09% pada siklus II. Jumlah siswa yang memperoleh skor Aktivitas Belajar Akuntansi ≥75% meningkat dari siklus I sebanyak 18 siswa (50%) menjadi 33 siswa (91,67%) pada siklus II. (2) Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Ma’arif 1 Temon Tahun Ajaran 2016/2017. Skor rata-rata Motivasi Belajar Akuntansi meningkat sebesar 6,28% dari pra siklus sebesar 64,89% ke siklus I sebesar 71,17%. Selanjutnya, skor rata-rata Motivasi Belajar Akuntansi meningkat lagi sebesar 8,02% dari siklus I sebesar 71,17% menjadi 79,19% pada siklus II. Jumlah siswa yang memperoleh skor Motivasi Belajar Akuntansi ≥75% meningkat dari pra siklus sebanyak 6 siswa (16,22%) menjadi 13 siswa (36,11%) pada siklus I, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 28 siswa (75,68%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Two Stay Two Stray, Aktivitas Belajar Akuntansi, Motivasi Belajar Akuntansi.
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 22 Aug 2017 06:35
Last Modified: 30 Jan 2019 14:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52337

Actions (login required)

View Item View Item