PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK YPKK 3 SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017

ROSALINA DEWI, PAMBUDI (2017) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK YPKK 3 SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ROSALINA DEWI PAMBUDI_13803241033.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa Siswa Program Keahlian Akuntansi di SMK YPKK 3 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. 2) Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa Siswa Program Keahlian Akuntansi di SMK YPKK 3 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. 3) Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa Siswa Program Keahlian Akuntansi di SMK YPKK 3 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. 4) Motivasi Belajar, Disiplin Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa Siswa Program Keahlian Akuntansi di SMK YPKK 3 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek dari penelitian ini adalah siswa yang sudah mendapatkan mata pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa di SMK YPKK 3 Sleman yang berjumlah 54 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuisoner. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa Siswa Program Keahlian Akuntansi di SMK YPKK 3 Sleman dengan = 0,717; = 0,514 dan = 7,417 > = 2,006. 2) Terdapat pengaruh positif Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa Siswa Program Keahlian Akuntansi di SMK YPKK 3 Sleman dengan = 0,635; = 0,403 dan = 5,929 > = 2,006. 3) Terdapat pengaruh positif Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa Siswa Program Keahlian Akuntansi di SMK YPKK 3 Sleman dengan = 0,627; = 0,393 dan = 5,807 > = 2,006. 4) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar, Disiplin Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa Siswa Program Keahlian Akuntansi di SMK YPKK 3 Sleman dengan = 0,760; = 0,578; dan = 22,825 > = 1,585. Sumbangan Relatif untuk Motivasi Belajar= 55%, Disiplin Belajar= 22%, Lingkungan Teman Sebaya= 23% dan Sumbangan Efektif= 57,80%, dengan rincian Motivasi Belajar = 31,79%, Disiplin Belajar = 12,71%, dan Lingkungan Teman Sebaya = 13,30%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa, Motivasi Belajar, Disiplin Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 22 Aug 2017 06:29
Last Modified: 30 Jan 2019 14:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52335

Actions (login required)

View Item View Item