EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI REPRESENTASI MULTIPEL MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS X

Silmi, Zamuruda (2017) EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI REPRESENTASI MULTIPEL MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS X. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 Skripsi Silmi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa dengan dan tanpa penerapan representasi multipel menggunakan metode ceramah dan praktikum. Penelitian ini termasuk dalam lingkup penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam SMA Negeri yang setipe dengan SMA Negeri 1 Dukun, Magelang, Jawa Tengah di Indonesia. Sampel penelitian berjumlah 66 siswa yang terbagi dalam 34 siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol dan 32 siswa kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Metode yang digunakan untuk kelas eksperimen adalah ceramah dan praktikum dengan penerapan representasi multipel, sementara untuk kelas kontrol adalah ceramah dan praktikum tanpa penerapan representasi multipel. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji t-beda subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran dengan dan tanpa penerapan representasi multipel. Hasil belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan representasi multipel lebih efektif dibandingkan hasil belajar kimia siswa yang tidak mengikuti pembelajaran dengan penerapan representasi multipel ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan dengan penerapan representasi multipel maka pembelajaran akan lebih mengungkap keempat tingkatan pemahaman konsep sehingga konsep kimia dipelajari lebih mendalam dan dapat tervisualisasi dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 22 Aug 2017 06:20
Last Modified: 30 Jan 2019 14:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52334

Actions (login required)

View Item View Item