Estiana, Estiana (2013) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL UNY 2013 LOKASI: SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
LAPORAN ESTIANA (10209241023).pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mempunyai misi sebagai wahana pembentukan dan peningkatan kamampuan keprofesional. Program Pengalaman Lapangan merupakan kesempatan bagi Praktikan untuk mempraktikkan beragam teori yang mereka terima di bangku kuliah. Pada saat kuliah Praktikan menerima ilmu yang bersifat teoritis. Oleh karena itu, pada saat PPL ini Praktikan berkesempatan mempraktikkan beragam teori-teori tersebut dan sekaligus menimba ilmu secara empirik, tidak sekedar mengetahui suatu teori, tetapi lebih jauh lagi mereka juga memiliki kemampuan untuk menerapkan teori tersebut, tidak hanya dalam situasi simulasi tetapi dalam situasi sesungguhnya. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang dibutuhkan. Kegiatan PPL merupakan pelaksanaan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh Praktikan yaitu dalam bidang pendidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2013 yang berlokasi di SMP N 8 Yogyakarta, mulai dilaksanakan pada tanggal 1 Juli 2013 sampai tanggal 12 September 2013. Dalam hal ini Praktik Pengalaman Lapangan melakukan kegiatan mengajar baik yang bersifat terbimbing maupun yang bersifat mandiri. Dalam kegiatan PPL ini Praktikan menjalankan program mengajar minimal 8 kali pertemuan. Program mengajar menggunakan metode ceramah, demonstrasi, tanya jawab, diskusi, dan praktek. Untuk mendukung metode yang digunakan pada saat mengajar dibutuhkan media pendukung meliputi gambar, video, serta properti tari. Praktikan telah menyeselesaikan tugas mengajar kelas VII-5, VII-9, VII-10 dan VIII-3 untuk mata pelajaran Seni Budaya/Seni Tari. Praktikan telah dapat mengajar sebanyak 10 kali dan mengadakan tes praktek tari sebanyak 3 kali untuk mata pelajaran Seni Budaya/Seni Tari. Kegiatan belajar yang dilakukan adalah pembelajaran di kelas dan di luar kelas. Banyak kendala dan hambatan dalam melakukan PPL baik yang berasal dari dalam maupun luar. Adapun beberapa hambatan pada waktu mengajar antara lain pengelolaan kelas karena siswa sulit dikendalikan. Namun, semua itu merupakan sebuah proses menuju yang lebih baik. Dengan adanya kegiatan PPL ini, Praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran yang nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan. Adanya kerjasama, kerja keras, disiplin, akan sangat mendukung terlaksananya programprogram PPL dengan baik. Dengan terselesaikanya kegiatan KKN-PPL ini diharapkan dapat terciptanya tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 21 Aug 2017 08:30 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:06 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52304 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |