MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN SBDP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI SD NEGERI 2 CUCUKAN PRAMBANAN KLATEN

Oktafirdaus Yusmmal, Yoma Taufani (2017) MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN SBDP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI SD NEGERI 2 CUCUKAN PRAMBANAN KLATEN. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YOMA TAUFANI O.Y..PDF

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang tergolong tradisional menjadi penyebab kurang maksimalnya pembelajaran SBdP sehingga masih banyak peserta didik yang belum dinyatakan tuntas sesuai dengan KKM yang ditetapkan yaitu 70. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya yang terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan bertujuan untuk merencanakan, melaksanakan pembelajaran dan melakukan penilaian terhadap pembelajaran tematik SBdP . Dalam penelitian ini yang berlaku sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas IV sedangkan obyek penelitian adalah pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Kemudian teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif. Pelaksanaan penelitian dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya ini meliputi: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 2 Cucukan. Hal ini dilihat dari peningkatan pada aspek pengetahuan (kognitif) sebesar 15,7% dengan nilai rata-rata akhir kelas 85,2 dan termasuk dalam kategori sangat baik. Kemudian pada aspek keterampilan (psikomotorik) terjadi peningkatan sebesar 7,38% dengan nilai rata-rata akhir kelas 81,4 dan termasuk dalam kategori baik. Begitu pula pada aspek sikap (afektif) terjadi peningkatan sebanyak 11,04% dengan nilai rata-rata kelas akhir 80,4 dan termasuk dalam kategori baik. Data tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa > Pendidikan Kriya
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 24 Aug 2017 01:27
Last Modified: 30 Jan 2019 14:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52301

Actions (login required)

View Item View Item