PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KELAYAKAN GAME PENGENALAN PERIPERAL KOMPUTER BERBASIS DESKTOP SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER DASAR SISWA KELAS X SMK N 2 YOGYAKARTA

Brahma Rendra, Permana (2017) PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KELAYAKAN GAME PENGENALAN PERIPERAL KOMPUTER BERBASIS DESKTOP SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER DASAR SISWA KELAS X SMK N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TAS_12520241060.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kurangnya penerapan media pembelajaran interaktif seperti game membuat siswa merasakan jenuh dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan aplikasi game pengenalan peripheral komputer berbasis desktop sehingga menjadi media yang dapat digunakan untuk mengenalkan peripheral komputer. (2) Mengetahui hasil pengujian kualitas aplikasi game pengenalan peripheral komputer sesuai standar ISO 9126 meliputi aspek functio nality , efficiency , portability , dan usabilit y serta pengujian di aspek materi yang divalidasi oleh ahli. Metode penelitian yang digunakan adalah r e s e a r c h a n d d e v elo p m e n t (R&D). Tahap – tahapan penelitian mengacu pada model pengembangan waterfall yang meliputi: (1) analisis, (2) desain, (3) pengkodean, dan (4) pengujian. Pengembangan aplikasi game pengenalan peripheral komputer berupa game ular tangga. Pengembangan game ini memungkinkan untuk bermain 1 sampai 3 player dalam sekali permainan. Selain itu, pengembangan game pengenalan peripheral komputer dilengkapi dengan fitur bonus. Pengembangan aplikasi pengenalan peripheral komputer memuat materi tentang peripheral komputer dan soal – soal yang menyangkut seputar materi yang di bahas. Subjek penelitian ini yaitu 29 siswa kelas X untuk aspek usability , 2 orang ahli untuk menguji aspek functionality , 2 orang ahli untuk menguji aspek efficiency , 2 orang ahli materi untuk menguji aspek materi, dan dokumentasi untuk pengujian aspek portability . Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, daftar cocok dan angket. Hasil pengujian kelayakan aplikasi game pengenalan peripheral komputer diperoleh persentase kelayakan sebesar 100% (sangat layak) untuk aspek functionality , persentase kelayakan 100% (sangat layak) untuk aspek efficiency , persentase kelayakan 79% (layak) untuk aspek usability , persentase kelayakan 100% (sangat layak) untuk aspek portability serta persentase kelayakan 100% (sangat layak) untuk aspek materi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: game, peripheral komputer, ISO 9126
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT UNY
Date Deposited: 24 Aug 2017 01:27
Last Modified: 24 Aug 2017 01:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52299

Actions (login required)

View Item View Item