PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATERI POKOK ASAM DAN BASA TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MAN YOGYAKARTA 1 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Punisih, - (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATERI POKOK ASAM DAN BASA TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MAN YOGYAKARTA 1 TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 Skripsi_Punisih_13303244008.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap keaktifan peserta didik dan prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran kimia, perbedaan yang signifikan dalam hal keaktifan peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan model pembelajaran direct instruction, dan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe group investigation di MAN Yogyakarta 1. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA MAN Yogykarta 1 berjumlah 81 peserta didik. Sampel penelitian ini sebanyak 56 peserta didik diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu Mancova, one sample t-test, dan perhitungan persentase keaktifan peserta didik. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation tidak terdapat pengaruh terhadap keaktifan belajar peserta didik tetapi terdapat pengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik. Hasil one sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan keaktifan belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran group investigation dan mengikuti pembelajaran direct instruction. Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe group investigation di MAN Yogyakarta 1 dikatakan berhasil karena mengalami kenaikan keaktifan belajar peserta didik dari kategori keaktifan sedang menjadi kategori keaktifan tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 21 Aug 2017 07:39
Last Modified: 30 Jan 2019 14:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52298

Actions (login required)

View Item View Item