Lisarawati, - (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X MIA PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW IV DAN JIGSAW I DI SMA NEGERI 1 MERTOYUDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.
|
Text
BAB 1 Skripsi Lisarawati.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) ada atau tidaknya perbedaan aktivitas belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw IV dan Jigsaw I, (2) ada atau tidaknya perbedaan antara aktivitas belajar peserta didik yang sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran kimia menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw IV, (3) ada atau tidaknya perbedaan antara aktivitas belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran kimia menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw I, serta (4) ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar kimia peserta didik mengikuti pembelajaran kimia menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw IV dan Jigsaw I, jika kemampuan awal peserta didik dikendalikan secara statistik. Penelitian di SMA Negeri 1 Mertoyudan dengan sampel kelas X MIA 3 dan X MIA 4. Instrumen yang digunakan adalah RPP, angket, lembar observasi dan soal ujian. Metode analisis yang digunakan yaitu uji-t beda subjek, uji-t sama subjek dan uji anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak ada perbedaan aktivitas belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw IV dan Jigsaw I, (2) ada perbedaan antara aktivitas belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran kimia menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw IV, (3) ada perbedaan antara aktivitas belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran kimia menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw I, serta (4) ada perbedaan hasil belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw IV dan Jigsaw I, jika kemampuan awal peserta didik dikendalikan secara statistik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Admin Kimia FMIPA |
Date Deposited: | 21 Aug 2017 06:48 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:55 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52295 |
Actions (login required)
View Item |