PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X MIA PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW IV DAN JIGSAW I DI SMA NEGERI 1 MERTOYUDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Lisarawati, - (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X MIA PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW IV DAN JIGSAW I DI SMA NEGERI 1 MERTOYUDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 Skripsi Lisarawati.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) ada atau tidaknya perbedaan aktivitas belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw IV dan Jigsaw I, (2) ada atau tidaknya perbedaan antara aktivitas belajar peserta didik yang sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran kimia menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw IV, (3) ada atau tidaknya perbedaan antara aktivitas belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran kimia menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw I, serta (4) ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar kimia peserta didik mengikuti pembelajaran kimia menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw IV dan Jigsaw I, jika kemampuan awal peserta didik dikendalikan secara statistik. Penelitian di SMA Negeri 1 Mertoyudan dengan sampel kelas X MIA 3 dan X MIA 4. Instrumen yang digunakan adalah RPP, angket, lembar observasi dan soal ujian. Metode analisis yang digunakan yaitu uji-t beda subjek, uji-t sama subjek dan uji anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak ada perbedaan aktivitas belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw IV dan Jigsaw I, (2) ada perbedaan antara aktivitas belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran kimia menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw IV, (3) ada perbedaan antara aktivitas belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran kimia menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw I, serta (4) ada perbedaan hasil belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw IV dan Jigsaw I, jika kemampuan awal peserta didik dikendalikan secara statistik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 21 Aug 2017 06:48
Last Modified: 30 Jan 2019 14:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52295

Actions (login required)

View Item View Item