PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, MINAT BELAJAR, DAN PERHATIAN ORANG TUA, DAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN KLATEN TAHUN AJARAN 2016/2017

MUHAMMAD ARIS, PRIYONO (2017) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, MINAT BELAJAR, DAN PERHATIAN ORANG TUA, DAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN KLATEN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, 2) Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, 3) Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, 4) Motivasi Belajar, Minat Belajar, dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2016/2017 sejumlah 92 siswa. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan pedoman wawancara. Kuesioner diuji validitas dan reliabilitasnya sebelum dilakukan pengumpulan data penelitian. Uji prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Pengujian hipotesis satu, hipotesis dua, dan hipotesis tiga menggunakan analisis regresi sederhana. Pengujian hipotesis empat menggunakan analisis regresi ganda, sumbangan relatif, dan sumbangan efektif. Hasil penelitian: 1) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx1y= 0,874, r2x1y= 0,764. 2) Terdapat pengaruh positif Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx2y= 0,628, r2x2y= 0,394. 3) Terdapat pengaruh positif Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx3y= 0,437, r2x3y= 0,191. 4) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar, Minat Belajar, dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan Ry(1,2,3)= 0,896, R2y(1,2,3)= 0,804, Fhitung= 120,095. Sumbangan Relatif Motivasi Belajar sebesar 60,81% dan Sumbangan Efektif 48,90%. Sumbangan Relatif Minat Belajar sebesar 25,15% dan Sumbangan Efektif 20,22%. Sumbangan Relatif Perhatian Orang Tua sebesar 14,04% dan Sumbangan Efektif 11,29%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi dan Minat Belajar, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar Akuntansi
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 21 Aug 2017 06:52
Last Modified: 30 Jan 2019 14:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52292

Actions (login required)

View Item View Item