PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKATIF FUN SPREADSHEET QUIZ BERBASIS ADOBE FLASH CS6 PADA MATA PELAJARAN SPREADSHEET KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 4 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Baety Nur, Rohmah (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKATIF FUN SPREADSHEET QUIZ BERBASIS ADOBE FLASH CS6 PADA MATA PELAJARAN SPREADSHEET KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 4 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKIRPSI_Baety Nur Rohmah_13803241047.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Spreadsheet berbentuk Game Edukatif Fun Spreadsheet Quiz dengan aplikasi Adobe Flash CS6 bagi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 4 Klaten. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas penggunaan Game Edukatif Fun Spreadsheet Quiz. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang diadaptasi dan dimodifikasi dari model pengembangan Borg & Gall (1983). Tahapannya meliputi: tahap studi pendahuluan, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, tahap uji coba dan evaluasi, serta tahap produk akhir dan penyebaran. Pada tahap pengembangan produk awal dilakukan validasi materi oleh dua orang ahli materi (dosen dan guru) dan validasi media oleh satu orang ahli media (dosen). Game edukatif ini diujicobakan kepada siswa dalam tiga tahap yaitu tahap uji coba perorangan (3 siswa), tahap uji coba kelompok kecil (10 siswa), dan tahap uji lapangan (70 siswa) yaitu 34 siswa memakai media dan 36 siswa tidak memakai media. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Media Pembelajaran Game Edukatif Fun Spreadsheet Quiz dikembangkan melalui 5 tahap yaitu: a) Studi pendahuluan; b) perencanaan; c) pengembangan produk awal; d) uji coba dan evaluasi; dan e) produk akhir dan penyebaran. (2) Media Pembelajaran Game Edukatif Fun Spreadsheet Quiz layak digunakan berdasarkan penilaian: a) Ahli materi diperoleh persentase 84,37% (Sangat Layak), dan b) Ahli media diperoleh persentase 84% (Sangat Layak). (3) Penilaian siswa terhadap media pada uji coba perorangan diperoleh persentase 83,33% (Sangat Layak), uji coba kelompok kecil diperoleh persentase 86,75% (Sangat Layak), dan uji lapangan diperoleh persentase 88,45% (Sangat Layak). (4) Berdasarkan analisis peningkatan hasil pretest dan posttest dengan gain skor, media pembelajaran game edukatif fun spreadsheet quiz efektif digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Game Edukatif, Fun Spreadsheet Quiz, Adobe Flash, SMK, Spreadsheet, Borg & Gall.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 21 Aug 2017 06:24
Last Modified: 21 Aug 2017 06:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52291

Actions (login required)

View Item View Item