PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN MINAT BELAJAR AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI TAHUN AJARAN 2016/2017

Syahril, Siddiq (2017) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN MINAT BELAJAR AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_SYAHRIL SIDDIQ_12803244070.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun Ajaran 2016/2017, 2) Minat Belajar Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun Ajaran 2016/2017, 3) Persepsi Siswa tentang Metode oleh Guru dan Minat Belajar Akuntansi secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun Ajaran 2016/2017 sejumlah 92 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis meliputi analisis regresi sederhana, analisis regresi ganda, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx1y=0,397; x1y=0,158; thitung 4,108; ttabel 1,986. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat Belajar Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx2y=0,389; x2y=0,152; thitung 4,009; ttabel 1,986. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Minat Belajar Akuntansi secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan Ry(1,2)=0,446; y(1,2)=0,199; Fhitung 11,033; Ftabel 3,100. Sumbangan relatif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru sebesar 48,85% Minat Belajar Akuntansi sebesar 51,15%. Sumbangan efektif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru sebesar 9,72% Minat Belajar Akuntansi sebesar 10,18%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Minat Belajar Akuntansi, dan Prestasi Belajar Akuntansi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 21 Aug 2017 06:19
Last Modified: 30 Jan 2019 14:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52289

Actions (login required)

View Item View Item