LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK MUHAMMADIYAH 1 BOROBUDUR TAHUN AJARAN 2013/2014

Bela Yusti Suryani, Bela Yusti Suryani (2013) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK MUHAMMADIYAH 1 BOROBUDUR TAHUN AJARAN 2013/2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
COVER LAPORAN PPL bela.doc

Download (64kB)
[img] Text
Lampiran foto.doc

Download (11MB)
[img] Text
laporan ppl bela bab 1 (2).doc

Download (238kB)
[img] Text
nilai ulangan.doc

Download (134kB)
[img] Text
RPP 2.1 1.doc

Download (84kB)
[img] Text
RPP 2.1 2.doc

Download (58kB)
[img] Text
RPP 2.1 3.docx

Download (21kB)
[img] Text
RPP 2.2 1.doc

Download (70kB)
[img] Text
RPP 2.2 2.doc

Download (78kB)
[img] Text
RPP 2.3 1.doc

Download (291kB)
[img] Text
RPP 2.3 2.doc

Download (296kB)
[img] Text
RPP 2.3 2.doc

Download (296kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur selama dua bulan sejak 20 Juli – 14 September 2013. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri menjadi tenaga yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi kegiatan profesional yang terdiri dari observasi pembelajaran di kelas yang dilaksanakan pada saat KBM berlangsung dan pembuatan perangkat pembelajaran yaitu membuat silabus, rencana pembelajaran dan format penilaian. Kegiatan praktik mengajar dimulai dari tanggal 20 Juli 2013 dengan jumlah jam mengajar sebanyak 24 jam. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat memenuhi target frekuensi mengajar yang telah ditetapkan sebanyak minimal 8 kali pertemuan, adapun praktikan sudah mencapai 12 kali pertemuan pada semua kelas. Pelaksanaan PPL tidak mempunyai hambatan yang berarti. Ada beberapa hambatan kecil, seperti waktu PPL yang terpotong dengan libur maupun citu bersama atau kegiatan yang diadakan oleh sekolah. Hambatan tersebut dapat diselesaikan dengan memaksimalkan pertemuan yang ada beserta pemadatan materi yang diberikan kepada siswa. Hambatan yang lain berupa teknis, yaitu lambatnya respon DVD media pembelajaran yang digunakan. Solusi yang dilaksanakan berupa membuat media pembelajaran secara manual. Hambatan yang hadir memberikan pengalaman lebih kepada praktikan bahwa ketika dalam lapangan kita dapat menemukan hambatan yang menuntut kreativitas untuk mengatasinya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, SMK Muhammadiyah 1 Borobudur, Profesional
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Aug 2017 06:22
Last Modified: 01 Oct 2019 12:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52288

Actions (login required)

View Item View Item