Penerapan Metode Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Dikombinasikan dengan Metode TAKE AND GIVE Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Diklat Sistim Starter Kelas XI TKR B Di SMK Negeri 2 Klate

Danang, Harjanto (2017) Penerapan Metode Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Dikombinasikan dengan Metode TAKE AND GIVE Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Diklat Sistim Starter Kelas XI TKR B Di SMK Negeri 2 Klate. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
13504241041_Danang Harjanto_TAS.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran STAD dikombinasi Take And Give pada siswa kelas XI TKR B mata pelajaran sistim starter jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMKN 2 Klaten. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus dengan tiga pertemuan pada setiap siklusnya. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2017 di SMKN 2 Klaten. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR B sebanyak 32 siswa. Obyek penelitian ini adalah proses pembelajaran mata pelajaran sistim starter. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu hasil belajar siswa minimal 85% dari jumlah siswa telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75 dan keaktifan belajar siswa mencapai 75%. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa meningkat dapat dilihat pada Siklus I persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 81,24% dengan nilai rata-rata kelas 73,5. Persentase keaktifan siswa terendah 43,75% dan tertinggi 62,5%. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa sudah mencapai 93,75% dengan nilai rata-rata kelas 82,81. Persentase keaktifan siswa terendah 81,25% dan tertinggi 93,75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dikombinasi Take And Give dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: STAD, Take And Give, Keaktifan, Hasil Belajar, Sistim Starter
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 22 Aug 2017 04:04
Last Modified: 30 Jan 2019 14:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52270

Actions (login required)

View Item View Item