LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK 45 WONOSARI Jl.KH. Agus Salim, RT.5/RW.7, Kepek, Wonosari

David Reyza Prafasandi, David Reyza Prafasandi (2013) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK 45 WONOSARI Jl.KH. Agus Salim, RT.5/RW.7, Kepek, Wonosari. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PPL DAVID REYZA.pdf

Download (433kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1, yang pelaksanaannya dilakukan di masyarakat. Kegiatan PPL ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang dikuasainya ke dalam kehidupan masyarakat, dalam hal ini adalah masyarakat sekolah. Sebelum pelaksanaan PPL, mahasiswa diberi pembekalan terlebih dahulu agar mempunyai gambaran dalam pelaksanaan PPL di sekolah. Selain itu mahasiswa diberi kesempatan untuk melakukan observasi proses pembelajaran di kelas-kelas sebelum penerjunan PPL, yaitu beberapa bulan sebelumnya. Observasi pra-PPL dilaksanakan sebanyak tiga kali. Observasi pembelajaran menyangkut perangkat pembelajaran, cara mengajar guru, proses pembelajaran, dan situasi waktu siswa belajar. Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMK 45 Wonosari Gunung Kidul, mahasiswa praktikan memperoleh praktik mengajar mata pelajaran Perawatan dan Perbaikan Sistem Kelistrikan. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa rencana pembelajaran dan pembuatan media yang sesuai serta sangat dibutuhklan dalam usaha memperlancar proses belajar mengajar. Dalam setiap kali praktik mengajar di kelas wajib membuat rencana pembelajaran sebagai persiapan mengajar supaya lebih mudah dan lebih menguasai materi yang nantinya akan disampaikan kepada siswa. Semua kegiatan PPL secara keseluruhan dapat dilaksanakan oleh praktikan. Kegiatan PPL menyangkut observasi dalam kelas, mengajar, dan evaluasi. Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 15 kali di kelas X, XI TKR O1,XI TKR O2,dan XI TKR O3 yang dimulai pada tanggal 15 Juli sampai dengan 17 September 2013. Setiap pertemuan berdurasi 4 jam pelajaran (satu jam pelajaran adalah 45 menit). Dari kegiatan PPL ini mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di perkuliahan, terutama dalam pengalaman dalam mengajar di kelas. Dalam pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah terlepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi dengan adanya semangat dan kerjasama yang baik maka segala hambatan dapat teratasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Aug 2017 03:08
Last Modified: 01 Oct 2019 12:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52269

Actions (login required)

View Item View Item