ARIN DWI, CAHYANTI (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS 6 PADA KOMPETENSI JURNAL PENYESUAIAN UNTUK SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 TEMPEL. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.
|
Text
SKRIPSI_ARIN DWI CAHYANTI_13803241026.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pengembangan Media Pembelajaran Modul Interaktif berbasis Adobe Flash CS 6 pada Kompetensi Jurnal Penyesuaian untuk siswa kelas XI IPS SMA N 1 Tempel, 2) Mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Modul Interaktif berbasis Adobe Flash CS 6 sebagai media pembelajaran pada Kompetensi Jurnal Penyesuaian, 3) Mengetahui penilaian siswa dalam penggunaan Media Pembelajaran Modul Interaktif berbasis Adobe Flash CS 6 pada Kompetensi Jurnal Penyesuaian kelas XI IPS SMA N 1 Tempel, 4) Mengetahui efektivitas penggunaan Media Pembelajaran Modul Interaktif berbasis Adobe Flash CS 6 pada Kompetensi Jurnal Penyesuaian untuk siswa kelas XI IPS SMA N 1 Tempel. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan mengikuti model pengembangan Borg & Gall (1983). Pada tahap pengembangan bentuk awal produk dilakukan validasi oleh satu ahli materi, satu orang ahli media, dan satu praktisi pembelajaran Akuntansi. Modul ini diujicobakan kepada siswa dalam tiga tahap yaitu tahap uji coba perorangan (3 siswa), tahap uji coba kelompok kecil (9 siswa), dan tahap uji coba lapangan (28 siswa). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Data yang diperoleh dari angket kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan 10 tahap pengembangan meliputi tahap penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk dan revisi I, uji coba perorangan, revisi II, uji coba kelompok kecil, revisi III, uji coba lapangan, revisi produk akhir, produk akhir dan penyebaran. Kualitas Media Pembelajaran Modul Interaktif berbasis Adobe Flash CS 6 berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 3,89 termasuk kategori Sangat Baik, 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 2,92 termasuk kategori Baik, 3) Praktisi Pembelajaran Akuntansi diperoleh rata-rata skor 3,00 termasuk kategori Baik, 4) Uji Coba Perorangan diperoleh skor 2,91 termasuk kategori Baik, 5) Uji Coba Kelompok Kecil diperoleh skor 3,31 termasuk kategori Sangat Baik, 6) Uji Coba Lapangan diperoleh skor 3,26 termasuk kategori Sangat Baik. Berdasarkan analisis peningkatan hasil pretest dan posttest dengan gain score, Modul Interaktif berbasis Adobe Flash CS 6 efektif digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Modul Interaktif, Akuntansi, SMA, Jurnal Penyesuaian. |
Subjects: | Umum > Penelitian Pendidikan > Pendidikan (Umum) Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Admin Akuntansi FE |
Date Deposited: | 21 Aug 2017 02:09 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:54 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52262 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |