IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENCATATAN JURNAL KHUSUS SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2016/2017

Zahra, Nurda’Ali (2017) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENCATATAN JURNAL KHUSUS SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
13803241012_SKRIPSI_Zahra Nurda Ali.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) meningkatkan nilai rata-rata Hasil Belajar Pencatatan Jurnal Khusus siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Tempel Tahun Ajaran 2016/2017 melalui Implementasi Metode Pembelajaran Index Card Match; (2) meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada Hasil Belajar Pencatatan Jurnal Khusus siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Tempel Tahun Ajaran 2016/2017 melalui Implementasi Metode Pembelajaran Index Card Match. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah apabila terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa dari sebelum tindakan (pretest) ke setelah tindakan (posttest) pada setiap siklus dan apabila 85% dari jumlah seluruh siswa dapat mencapai nilai KKM yang ditentukan sekolah yaitu 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Metode Pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan Hasil Belajar Pencatatan Jurnal Khusus siswa. Keberhasilan tindakan tersebut dibuktikan pada siklus I nilai rata-rata sebelum tindakan (pretest) sebesar 62,09 menjadi 79,69 setelah tindakan (post test). Pada siklus II, rata-rata nilai siswa sebelum tindakan (pretest) sebesar 68,39 menjadi 80,95 setelah tindakan (posttest). Selain itu ditinjau dari aspek ketuntasan belajar, terjadi peningkatan sebesar 11,76% pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I terdapat 13 siswa atau 76,47% telah mencapai KKM dan pada siklus II terdapat 15 siswa atau 88,23% telah mencapai KKM. Hal ini telah memenuhi indikator keberhasilan tindakan yaitu ≥85% siswa dalam satu kelas mencapai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 75.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pencatatan Jurnal Khusus, Metode Index Card Match.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 21 Aug 2017 01:49
Last Modified: 30 Jan 2019 14:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52255

Actions (login required)

View Item View Item