PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA, KINERJA MENGAJAR GURU, PERHATIAN ORANG TUA, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG SISWA KELAS XI SMK YPKK 3 SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017

GUNTARI AWIT, PRAMULIA (2017) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA, KINERJA MENGAJAR GURU, PERHATIAN ORANG TUA, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG SISWA KELAS XI SMK YPKK 3 SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang, 2) Kinerja Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang, 3) Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang, 4) Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang, 5) Motivasi Belajar Siswa, Kinerja Mengajar Guru, Perhatian Orang Tua, dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK YPKK 3 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017 sejumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Uji coba instrumen dilakukan di SMK YPKK 2 Sleman dengan N=35. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji linearitas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis terdiri dari analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian terdapat pengaruh positif: 1) Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang, dengan rx1y = 0,536; r2x1y= 0,287; thitung (3,588) > ttabel (2,045), 2) Kinerja Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang, dengan rx2y = 0,634; r2x2y = 0,403; thitung (4,644) > ttabel (2,045). 3) Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang, dengan rx3y = 0,345; r2x3y = 0,119; thitung (2,077) > ttabel (2,045). 4) Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang, dengan rx4y = 0,357; r2x4y = 0,128; thitung (2,164) > ttabel (2,045). 5) Motivasi Belajar Siswa, Kinerja Mengajar Guru, Perhatian Orang Tua, dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang, dengan Ry(1,2,3,4) = 0,644; R2y(1,2,3,4) = 0,415; Fhitung (5,149) > Ftabel (2,701). Nilai Sumbangan Relatif Motivasi Belajar Siswa sebesar 15%, Kinerja Mengajar Guru sebesar 78%, Perhatian Orang Tua sebesar 3%, Lingkungan Teman Sebaya sebesar 4% sedangkan total Sumbangan Efektif yaitu 41,5%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar Siswa, Kinerja Mengajar Guru, Perhatian Orang Tua, Lingkungan Teman Sebaya, Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 21 Aug 2017 01:34
Last Modified: 30 Jan 2019 14:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52251

Actions (login required)

View Item View Item