PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI COMPUTER BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMKN 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2015/2016

Dzahin Syauqi, Muhammad (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI COMPUTER BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMKN 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Dzahin Syauqi Muhammad.pdf

Download (29MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan Media Pembelajaran Akuntansi Computer Based Instruction untuk kelas X Akuntansi 2 SMKN 1 Tempel, (2) mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Akuntansi Computer Based Instruction yang dikembangkan dengan penilaian dari Ahli, (3) mengetahui peningkatan Motivasi Belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan Media Pembelajaran Akuntansi Computer Based Instruction. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pada tahap analysis terdiri dari analisis kebutuhan siswa dan analisis kurikulum. Pada tahap design terdiri dari perancangan desain produk dan menyusun materi, soal beserta kunci jawaban. Pada tahap development terdiri dari pembuatan media awal, validasi ahli, praktisi pembelajaran, siswa dan revisi media. Pada tahap implementation terdiri dari penerapan Media Pembelajaran Akuntansi Computer Based Instruction pada proses pembelajaran. Pada tahap evaluation terdiri dari hasil olah data. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dan angket/kuesioner. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ahli Materi memberikan rata-rata skor 3,97 yang termasuk dalam kategori Layak, 2) Ahli Media memberikan rata-rata skor 4,07 yang termasuk kategori Layak, 3) Praktisi Pembelajaran Akuntansi memberikan rata-rata skor 4,64 yang termasuk kategori Sangat Layak, 4) Siswa memberikan skor rata-rata 4,43 yang termasuk kategori Sangat Layak. Dengan demikian, Media Pembelajaran Akuntansi Computer Based Instruction ini layak digunakan. Hasil analisis Motivasi Belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan Media Pembelajaran Akuntansi Computer Based Instruction diperoleh peningkatan sebesar 15,19%, dengan skor sebesar 69,01% menjadi 84,20%. Pada pengujian uji-t berpasangan diperoleh thitung sebesar -6,977 dengan sig.0,001 yang menunjukkan perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan Media Pembelajaran Akuntansi Computer Based Instruction, sehingga dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Akuntansi Computer Based Instruction dapat meningkatkan Motivasi Belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Akuntansi Computer Based Instruction, Motivasi Belajar.
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 21 Aug 2017 01:09
Last Modified: 30 Jan 2019 14:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52245

Actions (login required)

View Item View Item