PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI “ACCOUNTAINMENT” PADA KOMPETENSI DASAR MENYIAPKAN JURNAL UMUM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK KOPERASI YOGYAKARTA

Hamas Nur, Kholid (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI “ACCOUNTAINMENT” PADA KOMPETENSI DASAR MENYIAPKAN JURNAL UMUM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK KOPERASI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Hamas Nur Kholid_1283244038.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan Media Pembelajaran Akuntansi “AccounTainment” bagi siswa kelas X Akuntansi SMK Koperasi Yogyakarta pada kompetensi dasar Menyiapkan Jurnal Umum; mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Akuntansi “AccounTainment” berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru Akuntansi dari aspek materi, pembelajaran, tampilan, bahasa, dan pemrograman; serta mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa sesudah penggunaan Media Pembelajaran Akuntansi “AccounTainment”. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Pada tahap Development, Media Pembelajaran Akuntansi “AccounTainment” dinilai kelayakannya oleh 1 dosen ahli materi, 1 dosen ahli media, 1 guru akuntansi, dan 30 siswa uji coba lapangan. Pengukuran motivasi siswa dilakukan terhadap 30 siswa kelas X Akuntansi SMK Koperasi Yogyakarta sebagai subjek uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini melalui angket. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan lima tahap membuat Media Pembelajaran Akuntansi “AccounTainment” yaitu: a) Analysis, b) Design, c) Development, d) Implementation, dan e) Evaluation. Tingkat kelayakan Media Pembelajaran Akuntansi “AccounTainment” berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 3,8 yang termasuk dalam kategori Sangat Baik, 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 2,84 yang termasuk dalam kategori Baik, dan 3) Guru Akuntansi diperoleh rata-rata skor 3,35 yang termasuk dalam kategori Sangat Baik. Berdasarkan analisis Motivasi Belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan Media Pembelajaran Akuntansi “AccounTainment”, diperoleh peningkatan sebesar 20,15% dari 67,30% menjadi 87,45%. Pada pengujian uji t berpasangan diperoleh t hitung sebesar -24.579 dengan sig. 0,000 yang menunjukkan pengukuran signifikan sehingga kesimpulannya adalah pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi “AccounTainment” dapat meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Akuntansi, “AccounTainment”, Motivasi Belajar, ADDIE.
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 21 Aug 2017 01:03
Last Modified: 30 Jan 2019 14:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52241

Actions (login required)

View Item View Item