Rachman, Hening Triandika (2017) PENYUSUNAN PANDUAN IDENTIFIKASI SPESIES CAPUNG BERDASARKAN PENELITIAN KEANEKARAGAMAN CAPUNG DI RAWA JOMBOR KLATEN. S1 thesis, UNY.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
1 cover-daftar lampira.pdf Download (9MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
3 BAB I PENDAHULUAN FIX.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
4 BAB II TINJAUAN PUSTAKA FIX.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
5 BAB III METODE PENELITIAN FIX.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
6 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN FIX.pdf Restricted to Registered users only Download (767kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
7 BAB V PENUTUP FIX.pdf Restricted to Registered users only Download (9kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
8 LAMPIRAN GABUNG.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyusunan aplikasi, kualitas dan kelayakan media Penyusunan Panduan Identifikasi Spesies Capung Berdasarkan Penelitian Keanekaragaman Capung di Rawa Jombor Klaten ditinjau dari aspek isi, tampilan, serta nilai fungsional sebagai alternatif sumber belajar menurut penilaian pakar dan tanggapan siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R & D) terbatas. Model yang digunakan dalam penelitian model ADD (Analysis, Design, Development). Model ADD disesuaikan dengan kebutuhan peneliti. penelitian dan pengembangan sumber belajar biologi yang menghasilkan produk akhir berupa prototype sumber belajar berupa Aplikasi Panduan Identifikasi Spesies Capung. Penyusunan media Aplikasi Panduan Pengamatan Capung menggunakan R & D model ADD mengacu pada tahapan penulisan bahan ajar yang diutarakan oleh Robert Maribe Branch 2009. Hasil penelitian menunjukan proses dan produk penelitian berpotensi sebagai bahan ajar dalam bentuk aplikasi panduan identifikasi capung sebagai alternatif sumber belajar bagi peserta didik kelas X SMA. Kualitas aplikasi panduan identifikasi capung berdasarkan hasil validasi oleh ahli media, ahli materi dan Guru Biologi dikatakan berkualitas baik. Kelayakan aplikasi menurut ahli materi, ahli media Guru Biologi dan peserta didik termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi panduan identifikasi spesies capung ini layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kata kunci : Panduan, Identifikasi, Capung, Rawa Jombor
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Admin Biologi FMIPA |
Date Deposited: | 21 Aug 2017 01:57 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:53 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52236 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |