DETERMINAN KEPUTUSAN HEDGING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Rizal, Fajar (2017) DETERMINAN KEPUTUSAN HEDGING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
FajarNurRizal_12808141016.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Leverage yang diproksikan dengan Debt to Equity Ratio, Profitabilitas yang diproksikan dengan Return On Asset, Likuiditas yang diproksikan dengan Current Ratio, dan Ukuran Perusahaan yang diproksikan dengan Total Aset terhadap Keputusan Hedging pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode yang digunakan adalah tahun 2013 – 2015. Desain penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausalitas dan data yang digunakan adalah data sekunder. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 36 perusahaan manufaktur. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling, dan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Regresi Logistik. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa variabel Leverage yang diproksikan dengan Debt to Equity Ratio memiliki arah koefisien regresi yang positif dengan nilai signifikansinya adalah 0,487 > 0,05, artinya Leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Hedging Perusahaan Manufaktur. Variabel Profitabilitas yang diproksikan dengan Return On Asset memiliki arah koefisien regresi yang positif, dengan nilai signifikansinya adalah 0,020 < 0,05, artinya Profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Hedging Perusahaan Manufaktur. Variabel Likuiditas yang diproksikan dengan Current Ratio memiliki arah koefisien regresi yang negatif, dengan nilai signifikansinya adalah 0,372 > 0,05, artinya Likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Hedging Perusahaan Manufaktur. Ukuran Perusahaan yang diproksikan dengan Total Aset memiliki arah koefisien regresi yang positif, dengan nilai signifikansinya adalah 0,001 < 0,05, artinya Ukuran Perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Hedging Perusahaan Manufaktur. Nilai Nagelkerke’s R Square sebesar 0,265 yang berarti variabel Leverage, Profitabilitas, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan mampu menjelaskan variabel Keputusan Hedging pada Perusahaan Manufaktur sebesar 26,5% dan sisanya sebesar 73,5% dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian. Persamaan regresi logistik pada penelitian ini dapat dirumuskan: Ln p/(1-p)=- -16,775 + 0,079 (DER) + 6,432 (ROA) + -0,222 (CR) + 0,567 (LnTA)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 21 Aug 2017 01:51
Last Modified: 30 Jan 2019 14:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52221

Actions (login required)

View Item View Item