PEMBERDAYAAN REMAJA PUTUS SEKOLAH MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN TATA RIAS DALAM UPAYA MENDORONG KEMANDIRIAN REMAJA BINAAN DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL REMAJA YOGYAKARTA

Whena Devi Adriyani, Whena (2017) PEMBERDAYAAN REMAJA PUTUS SEKOLAH MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN TATA RIAS DALAM UPAYA MENDORONG KEMANDIRIAN REMAJA BINAAN DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL REMAJA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Whena Devi Adriyani_13102241065.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Pelaksanaan pemberdayaan remaja melalui pelatihan keterampilan tata rias di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Remaja (BPRSR); (2) Faktor penghambat dan pendukung pemberdayaan remaja melalui pelatihan keterampilan tata rias; (3) Dampak pemberdayaan remaja melalui pelatihan keterampilan tata rias. Penelitian ini merupakan penelitan kualitatif jenis studi kasus. Subyek penelitian ini adalah pengelola BPRSR, instruktur keterampilan tata rias dan peserta keterampilan tata rias. Metode pengambilan data yang digunakan adalah model observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis display data, reduksi, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan program pelatihan keterampilan tata rias di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Remaja terdiri dari 3 (tiga) tahap yaitu : 1) Tahap persiapan pelaksanaan yang terdiri dari penyusunan Rencana Kegiatan Anggaran, persiapan peserta, dan persiapan bahan ajar; 2) Tahap proses pelaksanaan yang terdiri dari 3 (tiga) tahapan yaitu pemberian motivasi, proses pembelajaran dan Praktek Belajar Kerja; dan 3) Tahap Evaluasi dilakukan dalam bentuk observasi oleh instruktur dan pekerja sosial, hasilnya yaitu bertambahnya keterampilan peserta dalam bidang tata rias, terbukanya peluang usaha, serta meningkatnya kemandirian peserta. (2) Faktor Pendukung dalam pelaksanaan pelatihan keterampilan tata rias di BPRSR Yogyakarta yaitu instruktur yang kompeten, lengkapnya peralatan praktek keterampilan tata rias. Faktor penghambat dalam pelaksanaan pelatihan keterampilan tata rias yaitu keterlambatan penyediaan bahan untuk praktek, sulitnya mendapatkan model untuk praktek dan motivasi remaja binaan yang rendah. Kata Kunci: Pemberdayaan, Pelatihan keterampilan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 18 Aug 2017 04:25
Last Modified: 30 Jan 2019 14:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52200

Actions (login required)

View Item View Item