PEMBERDAYAAN PEMUDA MELALUI SENI KARAWITAN GAMELAN OLEH RUMAH PINTAR HARGOTIRTO DESA HARGOTIRTO KABUPATEN KULON PROGO

Dwi Pramono, Pramono (2017) PEMBERDAYAAN PEMUDA MELALUI SENI KARAWITAN GAMELAN OLEH RUMAH PINTAR HARGOTIRTO DESA HARGOTIRTO KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Dwi Pramono_10102244025_0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan pemberdayaan pemuda melalui kesenian karawitan oleh Rumah Pintar Hargotirto di Kabupaten Kulon Progo, (2) faktor pendorong dan penghambat pemberdayaan pemuda melalui kesenian karawitan oleh Rumah Pintar Hargotirto di Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan subjek penelitian dengan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah pengelola RBM, tutor, serta peserta program. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilengkapi dengan daftar pertanyaan. Analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pelaksanaan pemberdayaan yang dilakukan oleh Rumah Pintar Hargotirto sudah sesuai dengan tahap-tahap pemberdayaan menurut Ambar Teguh, terdiri dari tahap penyadaran dan pembentukan perilaku yang ditempuh melalui diskusi, tahap transformasi kemampuan berupa wawasan pengetahuan, kecakapan-ketrampilan dengan mengadakan sosialisasi serta tahap peningkatan kemampuan dengan mengajak peserta untuk tampil di event-event kebudayaan. Adanya kelompok kesenian karawitan di Rumah Pintar Hargotirto ini memberikan konstribusi dalam bidang sosial dan budaya. Social impact yang ada adalah terdapatnya edukasi dan attitude. Sedangkan dari segi budaya mampu memberikan pengetahuan dan keterampilan kesenian budaya lokal sekaligus meningkatkan rasa kepedulian untuk melestarikan kebudayaan (2) Faktor pendukung program adalah adanya keinginan dan motivasi yang muncul oleh tiap anggota, dukungan dari keluarga serta sarana prasarana yang cukup mendukung. Adapun faktor penghambat pemberdayaan pemuda meliputi faktor inteligensi, bakat dan motivasi. Kata kunci : pemberdayaan pemuda, seni karawitan, rumah pintar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 18 Aug 2017 04:19
Last Modified: 30 Jan 2019 14:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52198

Actions (login required)

View Item View Item