LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 13 MAGELANG

Eka Dewi Murdiati, Eka Dewi Murdiati (2013) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 13 MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.doc

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR NILAI SISWA SMP NEGERI 13 MAGELANG.docx

Download (30kB)
[img] Text
FORMAT OBSERVASI.doc

Download (56kB)
[img] Text
Foto karya siswa.docx

Download (1MB)
[img] Text
Foto kegiatan PPL.docx

Download (1MB)
[img] Text
Laporan Dana Pelaksanaan PPL.doc

Download (85kB)
[img] Text
Laporan Mingguan Pelaksanaan PPL.docx

Download (48kB)
[img] Text
Materi Bahan Ajar.docx

Download (878kB)
[img] Text
Matriks Program Kerja PPL UNY.docx

Download (46kB)
[img] Text
Matriks Program Kerja PPL UNY.docx

Download (46kB)
[img] Text
Presensi Siswa.docx

Download (20kB)
[img] Text
RPP.docx

Download (2MB)
[img] Text
Silabus.doc

Download (169kB)
[img] Text
1.Cover.docx

Download (27kB)
[img] Text
2.Halaman Pengesahan.docx

Download (19kB)
[img] Text
3.Kata Pengantar.docx

Download (15kB)
[img] Text
4.Daftar Isi.docx

Download (18kB)
[img] Text
5.Abstrak.docx

Download (16kB)
[img] Text
Isi Laporan PPL.docx

Download (51kB)

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang diambil oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. PPL merupakan Tri Darma Perguruan Tinggi. Tujuan dari PPL itu sendiri adalah 1) Memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan menggembangkan kompetensi perguruan atau pendidikan, 2) Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga baik yang terkait proses pembelajaran maupun kegiatan manajerial kelembagaan, 3) Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner kedalam kehidupan nyata di sekolah atau lembaga pendidikan, 4) Memacu pengembangan sekolah atau lembaga dengan cara menumbuhkan motivasi atas dasar kekuatan sendiri, 5) Meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY dan Pemerintah daerah sekolah dan lembaga terkait. Program kerja yang telah dilaksanakan merupakan suatu usaha dalam rangka mewujudkan tujuan-tujuan tersebut. Lokasi kegiatan PPL di SMP N 13 Kota Magelang terletak di Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang dengan luas gedung yaitu 11 ha yang terdiri dari 7 ha luas tanah dan 4 ha luas bangunan. PPL UNY dilaksanakan mulai tanggal 2 Juli sampai 17 September 2013 yang diawali dengan sosialisasi dan koordinasi, observasi ke lokasi, serta identifikasi permasalahan. Berdasarkan permasalahan yang ada, maka diagendakan beberapa program, baik itu program KKN individu maupun program PPL. Dalam praktik mengajar (PPL) setiap mahasiswa mendapat tugas dari pembimbing masing-masing. Adapun mata pelajaran yang diampu oleh Praktikan adalah Seni Budaya. Pelaksanaan program PPL 2013 yang berlangsung tanggal 2 Juli sampai 17 September 2013 berjalan lancar, meskipun tidak lepas dari kendala-kendala yang dihadapi. Kegiatan PPL ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa keguruan sebagai bekal untuk menjadi seorang tenaga kependidikan yang professional. Persiapan fisik, mental dan materi sangat diperlukan dalam kegiatan mengajar. Kegiatan PPL di SMP N 13 Magelang khususnya kelas VIII A dan VIII C yang dipegang praktikan dapat berjalan dengan baik sesuai rencana, meskipun ada beberapa hambatan dan kendala dalam pelaksanaannya. Hubungan antara seluruh komponen sekolah dengan praktikan berjalan dengan sangat baik. Adapun yang dapat disimpulkan dari kegiatan PPL di SMP N 13 Magelang, yaitu: 1) Sarana untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah; 2) Sarana untuk menimba ilmu dan pengalaman yang tidak diperoleh di bangku kuliah; 3) Dapat memperluas wawasan tentang sebagai tenaga pendidik, kegiatan persekolahan dan kegiatan lain yang dapat menunjang kelancaran proses belajar mengajar di sekolah; 4) Mahasiswa lebih mengetahui kedudukan, fungsi, peran, tugas dan tanggung jawab secara nyata; 5) keberhasilan proses belajar mengajar tergantung kepada unsur utama yaitu guru dan murid dengan sarana dan prasarana pendukung.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Aug 2017 08:58
Last Modified: 01 Oct 2019 12:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52178

Actions (login required)

View Item View Item