Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Scientific Approach Terintegrasi Potensi Lokal Bawang Merah terhadap Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar Kognitif, dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMP.

Cahyaningtyas, Riza Nur (2017) Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Scientific Approach Terintegrasi Potensi Lokal Bawang Merah terhadap Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar Kognitif, dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-riza-nur-cahyaningtyas-15708251009.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran IPA berbasis scientific approach terintegrasi potensi lokal bawang merah terhadap keterampilan proses sains, hasil belajar kognitif, dan sikap peduli lingkungan siswa SMP kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Rancangan eksperimen semu yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan (1) teknik tes: menggunakan lembar soal keterampilan proses sains dan lembar soal hasil belajar kognitif; dan (2) teknik non tes: menggunakan lembar observasi keterampilan proses sains, lembar angket sikap peduli lingkungan, dan lembar observasi sikap peduli lingkungan. Analisis data untuk pengujian prasyarat dilakukan dengan uji normalitas multivariat dan uji homogenitas multivariat. Analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Manova dan Uji Anova satu Faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA berbasis scientific approach terintegrasi potensi lokal bawang merah berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains, hasil belajar kognitif, dan sikap peduli lingkungan siswa SMP kelas VII.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: scientific approach, potensi lokal bawang merah, keterampilan proses sains, hasil belajar kognitif, sikap peduli lingkungan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Aug 2017 08:31
Last Modified: 09 May 2019 08:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52175

Actions (login required)

View Item View Item