PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PERBANKAN SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH MAGELANG TAHUN AJARAN 2016/2017

Bagas Dwi, Pratomo (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PERBANKAN SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH MAGELANG TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi_BagasDwiPratomo_13803241005.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Perbankan Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Magelang Tahun Ajaran 2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus dalam dua pertemuan, setiap siklus terdiri dari empat rencana tindakan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas X Ak SMK Muhammadiyah Magelang Tahun Ajaan 2016/2017 yang berjumlah 22 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase yang dilakukan dengan menghitung skor Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Perbankan, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share dapat meningkatkan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Perbankan siswa kelas X Ak SMK Muhammadiyah Magelang Tahun Ajaran 2016/2017 yang dibuktikan dengan peningkatan persentase skor Observasi dari sebelum Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share sebesar 53.98% yang kemudian pada Siklus I meningkat 10.27% menjadi 64.25%. Dengan adanya perbaikan tindakan pada siklus II skor meningkat sebesar 16.88% menjadi 81.13%. Kemudian berdasarkan data dari angket skor rata-rata pada siklus I sebesar 67.82% yang mengalami peningkatan sebesar 10.06% menjadi 77.88%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Motivasi Belajar
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 16 Aug 2017 07:27
Last Modified: 30 Jan 2019 14:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52166

Actions (login required)

View Item View Item