PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI DASAR MEMBUKUKAN JURNAL PENYESUAIAN SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK KOPERASI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

AYU NUR, ANISA (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI DASAR MEMBUKUKAN JURNAL PENYESUAIAN SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK KOPERASI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Ayu Nur Anisa_13803241024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Membukukan Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Koperasi Yogyakarta dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat komponen kegiatan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 yang dapat dilihat dari: (1) Pada siklus I terjadi peningkatan ketuntasan Prestasi Belajar Akuntansi sebesar 21,73% dari 26,09% menjadi 47,82%. Namun hasil tersebut belum memenuhi ketercapaian indikator keberhasilan tindakan yaitu minimal 75% siswa dalam satu kelas mencapai KKM ≥ 75. (2) Pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan Prestasi Belajar Akuntansi sebesar 39,12 dari 43,48 menjadi 82,60%. Hasil tersebut telah memenuhi ketercapaian indikator keberhasilan tindakan yaitu minimal 75% siswa dalam satu kelas mencapai KKM ≥ 75. (3) Peningkatan rata-rata nilai yang terjadi pada pre test siklus I sebesar 64,82 meningkat menjadi 69,86 pada post test siklus I. Rata-rata nilai pada pre test siklus II sebesar 70,08 meningkat menjadi 81,39 pada post test siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Make A Match, Prestasi Belajar Akuntansi
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 16 Aug 2017 07:18
Last Modified: 30 Jan 2019 14:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52164

Actions (login required)

View Item View Item