Fitriani, Intan and Lestari, Himmawati Puji (2017) Perbandingan Efektivitas Model Penemuan Terbimbing dan Model Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP N 2 Piyungan. S1 thesis, UNY.
![]() |
Text
ABSTRAK.docx Download (13kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (608kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (453kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (605kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (146kB) | Preview |
|
![]() |
Text
HALAMAN AWAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
HALAMAN AWAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (32MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan perbandingan efektivitas dari model penemuan terbimbing dan model problem based learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP N 2 Piyungan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian pretest-posttest group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Piyungan tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 160 siswa. Sampelnya adalah siswa kelas VII D sebanyak 27 siswa sebagai kelas eksperimen pertama yang mendapat perlakuan pembelajaran dengan model penemuan terbimbing, sedangkan siswa kelas VII C sebanyak 26 siswa sebagai kelas eksperimen kedua yang mendapat perlakuan pembelajaran dengan model problem based learning. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematika (pretest dan posttest). Uji statistik yang digunakan adalah one sample t-test dan independent samples t-test dengan ⍺ = 0,05. Berdasarkan hasil uji statistik disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran dengan model penemuan terbimbing efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (2) pembelajaran dengan model problem based learning efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (3) model penemuan terbimbing dan model problem based learning sama efektifnya ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penemuan terbimbing, problem based learning, pemecahan masalah |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 21 Aug 2017 01:40 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:51 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52163 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |