EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 MERTOYUDAN TAHUN AJARAN 2016 /2017

Septiana, Rahayu (2017) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 MERTOYUDAN TAHUN AJARAN 2016 /2017. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 Skripsi.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan motivasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Learning Cycle 5E dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Children Learning In Science (CLIS), (2) ada tidaknya perbedaan antara prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS), apabila pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. Berdasarkan tujuan, peneltian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian satu faktor, dua sampel, dan satu kovariabel. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI semester 2 SMA Negeri 1 Mertoyudan yang berjumlah 124 peserta didik dan terbagi menjadi empat kelas. Sampel penelitian sebanyak 62 peserta didik, terbagi dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen (A1) dan kelas kontrol (A2) yang diambil secara cluster random sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data pengetahuan awal kima peserta didik, data motivasi belajar kima peserta didik, dan data prestasi belajar kimia peserta didik. Data dianalisis dengan uji-t dan analisis kovarian (anakova). Hasil uji-t sama subjek diperoleh t0 = -8,261 dan p = 0,000, uji t-beda subjek memberikan hasil t0 = -3,505 dan p = 0,001, hasil analisis kovarian diperoleh p = 0,001. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar kimia dan prestasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan model pembelajaran CLIS. Dengan demikian model pembelajaran Leaning Cycle 5E efektif dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 16 Aug 2017 04:50
Last Modified: 30 Jan 2019 14:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52154

Actions (login required)

View Item View Item