PENGARUH MINAT BELAJAR, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK 17 MAGELANG TAHUN AJARAN 2016/2017

Tiono, Bayu Prayogo (2017) PENGARUH MINAT BELAJAR, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK 17 MAGELANG TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi_13803244007_Bayu Prayogo Tiono.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, 2) Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, 3) Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, 4) Minat Belajar, Lingkungan Teman Sebaya dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK 17 Magelang Tahun Ajaran 2016/2017 sejumlah 53 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji coba instrumen dilakukan di SMK Bhakti Karya Magelang dengan N=25. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji linearitas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis terdiri dari analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian terdapat pengaruh positif: 1) Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dengan rx1y = 0,431; r2x1y= 0,185; thitung (3,407) > ttabel (2,010), 2) Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dengan rx2y = 0,398; r2x2y = 0,158; thitung (3,094) > ttabel (2,010). 3) Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dengan rx3y = 0,576; r2x3y = 0,332; thitung (5,029) > ttabel (2,010). 4) Minat Belajar, Lingkungan Teman Sebaya dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dengan Ry(1,2,3) = 0,606; R2y(1,2,3) = 0,367; Fhitung (9,482) > Ftabel (1,593). Nilai Sumbangan Relatif Minat Belajar sebesar 5,6%, Lingkungan Teman Sebaya sebesar 32,7%, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru sebesar 61,7%, sedangkan total Sumbangan Efektif yaitu 36,7%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Persepsi Siswa
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 16 Aug 2017 04:06
Last Modified: 30 Jan 2019 14:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52147

Actions (login required)

View Item View Item