Evaluasi Implementasi Kurikulum Edisi 2007 Pada Program Keahlian Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPHP) Di Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Sorong

Hartini, Sri (2009) Evaluasi Implementasi Kurikulum Edisi 2007 Pada Program Keahlian Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPHP) Di Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Sorong. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri-hartini-07702251001.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mengevaluasi implementasi Kurikulum edisi 2007 Pada Program Keahlian TPHP Di SUPM Sorong, khususnya terkait dengan: (1) kompetensi dan pemahaman guru terhadap konsep Kurikulum edisi 2007, (2) sarana prasarana, (3) persiapan guru, (4) proses belajar mengajar, (5) cara mengevaluasi dan hasil belajar pada program keahlian TPHP di SUPM Sorong. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi. Model evaluasi yang digunakan adalah model Stake. Subyek penelitian adalah seluruh unsur pendidikan pada SUPM Sorong antara lain: kepala sekolah, guru dan para peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kompetensi guru di SUPM Sorong tidak baik, masih ada guru yang mempunyai tingkat pendidikan D3, ada guru mengajar tidak sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki dan belum ada guru yang di sertifikasi. Pemahaman guru terhadap konsep Kurikulum edisi 2007 tidak baik. (2) sarana prasarana yang dimiliki oleh SUPM Sorong masih kurang. Guru mengajar belum menggunakan media pembelajaran yang tersedia secara optimal. (3) persiapan guru dalam melaksanakan Kurikulum edisi 2007 adalah penyusunan RPP dengan mengembangkan aspek-aspek muatan lokal, strategi pemilihan materi pokok pembelajaran disusun dengan indikator dari kurikulum dan ketersediaan sarpras serta keterkaitannya dengan pelajaran lainnya. Strategi pemilihan skenario proses pembelajaran disesuaikan dengan keadaan siswa dalam satu kelas. Metode belajar yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah ceramah, diskusi dan praktek. Instrumen yang digunakan dalam penilaian hasil belajar peserta didik yaitu peberian tugas, test tertulis, test lisan dan uji kompetensi melalui praktek. Sumber atau acuan yang digunakan dalam proses persiapan mengajar adalah silabus dari kurikulum, PPS, RPP dan kompetensi yang sudah dicapai peserta didik. Guru SUPM Sorong sudah ada yang menyusun PPS dan RPP. (4) proses belajar mengajar diukur dengan angket, 1,25% menyatakan PBM tidak baik, 12,50% menyatakan cukup baik, 33,75% menyatakan baik, dan 52,50% menyatakan sangat baik. (5) Cara mengevaluasi dan hasil belajar program keahlian TPHP di SUPM Sorong adalah dengan strategi penilaian pada aspek afektif menggunakan test esay (uraian), pada aspek kognitif menggunakan test isian atau multiplechoice, sedangkan pada aspek psikomotor menggunakan uji kompetensi atau ujian praktek. Hasil belajar program keahlian TPHP pada semester ganjil tahun ajaran 2008/2009, sudah memenuhi kriteria ketuntasan kompetensi, namun belum menunjukkan pada masing-masing kompetensi dasar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan - kurikulum
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 18 Aug 2017 02:19
Last Modified: 18 Aug 2017 02:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52140

Actions (login required)

View Item View Item