PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, TEMAN SEBAYA, DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Ardistya, Rizka (2017) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, TEMAN SEBAYA, DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_13803241001_RIZKA ARDISTYA_FE UNY_PEND. AKUNTANSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa, 2) pengaruh Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa, 3) pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa, 4) pengaruh Motivasi Belajar, Teman Sebaya, dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun ajaran 2016/2017. Subyek penelitian ini 50 siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi. Pengumpulan data dengan dokumentasi dan kuesioner. Uji linearitas dan uji Multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis regresi sederhana untuk hipoteis 1,2, dan 3, sedangkan teknik analisis regresi ganda untuk hipotesis 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa dibuktikan dengan = 0,364, = 0,132 dan 2,707 > 2,011, (2) terdapat pengaruh positif Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa dibuktikan dengan = 0,322, = 0,104 dan 2,356 > 2,011, (3) terdapat pengaruh positif Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa dibuktikan dengan = 0,337, = 0,114 dan 2,480 > 2,011, (4) terdapat terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar, Teman Sebaya, dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa dibuktikan = 0,459, = 0,211 dan 4,099 > 2,806. Sumbangan Relatif (SR) Motivasi Belajar sebesar 33,94%, Teman Sebaya sebesar 34,89%, dan Lingkungan Sekolah sebesar 31,17%. Sumbangan Efektif (SE) total sebesar 21,10% yang terdiri dari 7,16% Motivasi Belajar, 7,36% Teman Sebaya dan 6,58% Lingkungan Sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Teman Sebaya, Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 16 Aug 2017 03:11
Last Modified: 30 Jan 2019 14:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52139

Actions (login required)

View Item View Item