LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 4 KLATEN KABUPATEN KLATEN JAWA TENGAH

Kusworo Aris Prasetiyo, SS., Kusworo Aris Prasetiyo, SS. (2013) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 4 KLATEN KABUPATEN KLATEN JAWA TENGAH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL SMK N 4 KLATEN.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di SMK Negeri 4 Klaten sejak 2 Juli-17 September 2013. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman dan kemampuan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri menjadi tenaga yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan yang baik. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi kegiatan profesional yang terdiri dari observasi pembelajaran di kelas yang dilaksanakan pada saat KBM berlangsung dan pembuatan perangkat pembelajaran yaitu membuat rencana pelaksanaan pembelajaran dan format penilaian. Kegiatan praktik mengajar dimulai dari tanggal 15 Juli- 17 September 2013 dengan mengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia dan jumlah jam mengajar rata-rata 8 jam per minggu di kelas XI TKJ 2 setiap hari Senin (jam ke 5-6), kelas X PM 1 hari Rabu (jam ke 6-7), kelas X AP 3 hari Kamis (jam ke 5-6), dan kelas X AP 2 setiap hari Jumat (jam ke 2-3). Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat terlaksana dengan baik dan dapat memenuhi target frekuensi mengajar yang telah ditetapkan sebanyak minimal 8 kali pertemuan, adapun praktikan sudah mencapai 17 pertemuan. Hambatan yang ditemui oleh praktikan dalam melaksanakan PPL adalah (1) pelaksanaan observasi yang terbatas dan kurang detail membuat praktikan cukup bingung mengenai model pembelajaran yang harus dilakukan, (2) terdapat kesenjangan dalam keaktifan siswa di kelas, mulai dari tidak memperhatikan praktikan hingga kurang disiplin dalam mengerjakan dan mengumpulkan tugas sehingga menghambat proses belajar mengajar, dan (3) terdapat kesenjangan tingkat kecerdasan siswa dalam kelas. Saran untuk keberhasilan PPL dari praktikan yaitu agar ada Perlu adanya peningkatan koordinasi antara mahasiswa dengan UPPL, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan sekolah tempat mahasiswa PPL melakukan praktik mengajar sehingga mahasiswa calon guru bisa menyiapkan diri, baik secara fisik maupun mental dan penguasaan materi pelajaran sekolah serta meningkatkan kualitasnya. Kunjungan dan pengarahan dari pihak UPPL tetap diperlukan secara berkala agar praktikan dapat lebih terkontrol dalam kegiatan praktiknya. Pihak sekolah hendaknya meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana dalam kegiatan belajar mengajar, kepercayaan dan keterbukaan pihak sekolah terhadap praktikan PPL sangat diharapkan dalam rangka memotivasi dan membangun rasa percaya diri praktikan dalam proses pengajaran. mahasiswa juga perlu menjalin hubungan yang baik dengan sekolah setelah program pengalaman lapangan berakhir.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Aug 2017 02:28
Last Modified: 01 Oct 2019 12:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52137

Actions (login required)

View Item View Item