PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN INQUIRY PADA MATERI TURUNAN FUNGSI TRIGONOMETRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SEMESTER DUA

Afani, Fauzul Muna and Rosnawati, R. (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN INQUIRY PADA MATERI TURUNAN FUNGSI TRIGONOMETRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SEMESTER DUA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Abstrak Indonesia.docx

Download (17kB)
[img] Text
Awal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis pendekatan inquiry pada materi turunan fungsi trigonometri untuk kelas XI IPA yang memiliki kualifikasi yang baik. LKS yang baik dinilai dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan LKS. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan. Produk yang dikembangkan berupa LKS. Pengembangan LKS dilakukan dengan mengikuti tahap-tahap ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis (analysis),desain (design), pengembangan (developmen), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3, uji coba dilakukan kepada kelas XI IPA 2 yang berjumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian LKS untuk ahli media dan ahli materi serta lembar penilaian RPP untuk menilai kevalidan LKS, angket respon guru dan angket respon siswa untuk menilai kepraktisan LKS dan tes hasil belajar siswa untuk menilai keefektifan LKS. Hasil penelitian menunjukkan LKS yang dikembangkan memiliki kualifikasi baik yang ditinjau dari valid, praktis dan efektif. LKS yang dikembangkan diawali dengan masalah yang dapat menfasilitasi agar siswa dapat merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dan menguji hipotesis, dan yang terakhir menyimpulkan. LKS valid dengan perolehan rata-rata penilaian yaitu 3,15 yang termasuk dalam kategori baik. LKS praktis berdasarkan rata-rata penilaian yaitu 3,20. LKS efektif dilihat dari persentase ketuntasan belajar siswa dengan persentase ketuntasan belajar 70%, sehingga LKS dikatakan efektif untuk digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: LKS, pengembangan, inquiry, turunan fungsi trigonometri, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 18 Aug 2017 02:19
Last Modified: 30 Jan 2019 14:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52134

Actions (login required)

View Item View Item