PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII

Putri, Kumala Kusuma and Marsigit, Marsigit (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII. S1 thesis, UNY.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (13kB)
[img] Text
0. PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)
[img]
Preview
Text
1. BAB I.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB II.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB III.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text
4. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (970kB)
[img] Text
5. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik berupa RPP dan LKS pada materi lingkaran untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa SMP kelas VIII. Selain itu, penelitian ini mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Pendekatan saintifik dalam pembelajaran mencakup komponen mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE, yang meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar penilaian perangkat pembelajaran untuk mengukur kevalidan, angket respon guru, angket respon siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan, serta tes prestasi belajar matematika siswa untuk mengukur keefektifan perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran dikatakan valid dan praktis jika memenuhi kriteria baik, sedangkan dikatakan efektif jika persentase ketuntasan siswa yang mencapai KKM lebih dari 75%. Perangkat pembelajaran diimplementasikan di SMP Negeri 7 Bojonegoro dengan subjek penelitian siswa kelas VIII G. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berupa empat RPP dan satu LKS. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid untuk RPP dengan skor rata–rata 1,00 dari skor maksimal 1,00 untuk skala guttman dan skor rata–rata 4,15 dari skor maksimal 5,00 untuk skala likert, sedangkan untuk LKS dengan skor rata–rata 4,21 dari skor maksimal 5,00. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis dengan skor rata–rata 4,44 untuk angket respon guru, skor rata–rata 4,15 untuk angket respon siswa dari skor maksimal 5,00, dan ratarata persentase 93,33% untuk lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dari persentase maksimal 100%. Berdasarkan analisis hasil tes prestasi belajar matematika, perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif ditunjukkan dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 87,10%. Kata Kunci: pendekatan saintifik, perangkat pembelajaran, prestasi belajar matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 18 Aug 2017 02:19
Last Modified: 30 Jan 2019 14:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52128

Actions (login required)

View Item View Item