PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS AUDIO UNTUK SISWA TUNANETRA KELAS VII PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT

Kusumadewi, Cinta Adi and Sumarno, Bambang (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS AUDIO UNTUK SISWA TUNANETRA KELAS VII PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT. S1 thesis, UNY.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
1.Cover.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (884kB)
[img]
Preview
Text
2.BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text
5.BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)
[img] Text
6.BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img]
Preview
Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text
8.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Siswa tunanetra memiliki keterbatasan atau kekurangan dalam hal penglihatannya, sehingga mereka menggunakan indera pendengaran atau peraba dalam proses pembelajaran. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berbasis audio materi bangun datar segi empat untuk siswa tunanetra kelas VII. Media yang dikembangkan akan diuji kevalidannya yang meliputi aspek kualitas isi dan tujuan, kualitas teknis, dan kualitas instruksional/pembelajaran serta ditinjau secara kualitatif. Penelitian dan pengembangan (Research and Development) ini menggunakan model pengembangan 4-D, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Media yang telah dikembangkan, diujicobakan kepada 5 siswa untuk memperoleh tanggapan/respon terhadap media. Kemudian siswa diwawancara mengenai media audio terpilih yang mencakup aspek jenis kelamin narator, penggunaan bahasa, dan kecepatan pengucapan narator. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran bangun datar segi empat berbasis audio untuk siswa tunanetra kelas VII yang dikembangkan dengan format MP3. Hasil kualitas media pembelajaran audio menurut penilaian ahli materi sebesar 82 dari skor ideal 78,2 < ̅ ≤ 96,6 dengan kategori baik, ahli media sebesar 71 dari skor ideal 57,8 < ̅ ≤ 71,4 dengan kategori baik, reviewer sebesar 104 dari skor ideal 85,0 < ̅ ≤ 105,0 dengan kategori baik, dan respon lima siswa sebesar 57,2 dari skor ideal ̅ > 54,6 dengan kategori sangat setuju. Hasil tanggapan/respon siswa terhadap media terpilih yaitu (1)semua siswa tunanetra memilih suara perempuan daripada laki-laki sebagai narator karena suara perempuan lebih enak didengar, sehingga ketertarikan lawan jenis tidak bisa digunakan untuk menentukan suara media audio yang dipilih, (2)siswa tunanetra lebih senang apabila materi disampaikan menggunakan bahasa komunikatif, dan (3)siswa tunanetra tidak memiliki perbedaan dengan siswa pada umumnya dalam menerima informasi yang berkaitan dengan kecepatan berbicara yaitu 150-200 kata per menit.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media audio, segi empat, siswa tunanetra
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 16 Aug 2017 02:04
Last Modified: 30 Jan 2019 14:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52126

Actions (login required)

View Item View Item