PENGEMBANGAN MAJALAH FISIKA PHYSICSMAGZ DIPADUKAN DENGAN APLIKASI CLENOVIO UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA

Ihsanul Fikri, Muhammad and Wiyatmo, Yusman (2017) PENGEMBANGAN MAJALAH FISIKA PHYSICSMAGZ DIPADUKAN DENGAN APLIKASI CLENOVIO UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
TAS Muhammad Ihsanul Fikri (Pengembangan Majalah Fisika PhysicsMagz Dipadukan dengan Aplikasi Clenovio Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA).pdf

Download (51MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui kelayakan Majalah Fisika PhysicsMagz dipadukan dengan aplikasi Clenovio guna meningkatkan minat belajar dan kemampuan berpikir kritis, (2) mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik SMA yang menggunakan media pembelajaran Majalah Fisika PhysicsMagz dipadukan dengan aplikasi Clenovio, dan (3) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA yang menggunakan media pembelajaran Majalah Fisika PhysicsMagz dipadukan dengan aplikasi Clenovio. Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Tahap define untuk mendefinisikan permasalahan dalam pembelajaran. Tahap design untuk menghasilkan produk awal dan instrumen penelitian. Tahap develop untuk memperoleh kelayakan produk dan instrumen. Tahap disseminate untuk penyebaran Majalah Fisika PhysicsMagz dipadukan dengan aplikasi Clenovio dalam skala luas. Instrumen penelitian di antaranya: RPP, lembar penilaian, lembar validasi, angket respon, angket minat belajar, dan tes kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan SBI, standard gain, Aiken’s V, dan rumus Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Majalah Fisika PhysicsMagz yang dipadukan dengan aplikasi Clenovio layak digunakan untuk meningkatkan minat belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA ditinjau dari penilaian ahli dengan kategori sangat baik dan dari hasil respon peserta didik dengan kategori baik. (2) Peningkatan minat belajar peserta didik yang menggunakan Majalah Fisika PhysicsMagz yang dipadukan dengan aplikasi Clenovio dengan skor standar gain sebesar 0,16 dalam kategori rendah. (3) Peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan Majalah Fisika PhysicsMagz yang dipadukan dengan aplikasi Clenovio dengan skor standar gain sebesar 0,79 dalam kategori tinggi. Kata kunci: PhysicsMagz, Clenovio, minat belajar, dan kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 16 Aug 2017 01:47
Last Modified: 30 Jan 2019 14:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52117

Actions (login required)

View Item View Item