PEMANFAATAN LABORATORIUM BAHASA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU PADA SISWA KELAS IV SD JETIS BANTUL

Indraswari, Dhesi (2017) PEMANFAATAN LABORATORIUM BAHASA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU PADA SISWA KELAS IV SD JETIS BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Dhesi Indraswari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan laboratorium bahasa dalam pembelajaran tematik terpadu sesuai kurikulum 2013 oleh guru kelas IV di SD Jetis Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini mengambil subjek guru kelas IVA, IVB, dan IVC dan Kepala Sekolah serta siswa kelas IVA, IVB, dan IVC sebagai narasumber. Jumlah siswa yang menjadi narasumber dalam penelitian yaitu sebanyak 9 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data menurut Miles & Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Untuk memperoleh keabsahan data, penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan pemanfaatan laboratorium dalam pembelajaran tematik terpadu, guru kelas IV di SD Jetis Bantul sudah menyusun RPP sesuai pedoman penyusunan RPP tematik terpadu pada kurikulum 2013. Pemanfaatan laboratorium bahasa belum tercantum dalam RPP. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu di SD Jetis Bantul, kegiatan belajar mengajar kadang-kadang menerapkan penggunaan laboratorium bahasa. Hal tersebut dapat dilihat dari; pembelajaran yang sesuai dengan prisip pembelajaran tematik serta pemanfaatan laboratorium bahasa sesuai fungsi sarana dan fungsi evaluasi laboratorium bahasa. Pada tahap penilaian pemanfaatan laboratorium bahasa pada pembelajaran tematik terpadu, guru telah melakukan penilaian aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan dengan memanfaatkan perangkat di laboratorium bahasa. Kata kunci: pembelajaran tematik terpadu, laboratorium bahasa, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Aug 2017 06:35
Last Modified: 30 Jan 2019 14:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52111

Actions (login required)

View Item View Item