PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA ASPEK KOGNITIF DAN AFEKTIF PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 2 BANTUL

Fauzah Eryanti, Nur and Supahar, Supahar (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA ASPEK KOGNITIF DAN AFEKTIF PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 2 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together, Example Non Example, dan Snowball Throwing terhadap capaian hasil belajar aspek kognitif dan afektif, dan 2) mengetahui model pembelajaran yang paling berpengaruh dalam capaian hasil belajar fisika aspek kognitif dan afektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik X MIPA semester genap SMA N 2 Bantul tahun ajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas X MIPA 2 sejumlah 30 peserta didik sebagai kelas model pembelajaran Numbered Head Together, kelas X MIPA 3 sejumlah 30 peserta didik sebagai kelas model pembelajaran Example Non Example, dan kelas X MIPA 6 sejumlah 30 peserta didik sebagai kelas model pembelajaran Snowball Throwing. Teknik pengumpulan data untuk aspek kognitif dilakukan dengan memberikan pretest sebagai data awal kognitif peserta didik dan posttest sebagai data akhir kognitif peserta didik. Teknik pengumpulan data aspek afektif dilakukan dengan lembar observasi aspek afektif dalam tiga pertemuan. Metode pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Manova dan uji perbandingan terpisah yang terdiri dari Post Hoc dan General Linear Model Mixed Design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together, Example Non Example, dan Snowball Throwing terhadap capaian hasil belajar aspek kognitif dan afektif, setiap kelas dengan masing-masing model pembelajaran mengalami peningkatan pada aspek kognitif dan afektif. Model pembelajaran yang paling berpengaruh dalam capaian hasil belajar aspek kognitif adalah model pembelajaran Numbered Head Together diikuti oleh model pembelajaran Example Non Example dan yang terakhir model pembelajaran Snowball Throwing. Sedangkan model pembelajaran yang paling berpengaruh dalam capaian hasil belajar aspek afektif adalah model pembelajaran Numbered Head Together diikuti oleh model pembelajaran Snowball Throwing dan yang terakhir model pembelajaran Example Non Example.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Numbered Head Together, Example Non Example, Snowball Throwing, kognitif, afektif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 16 Aug 2017 01:59
Last Modified: 30 Jan 2019 14:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52109

Actions (login required)

View Item View Item