UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V SD N PENDEM PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO

Darmawan, Dani Muhammad (2017) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V SD N PENDEM PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Dani Muhammad Darmawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kela V SD N Pendem, Pengasih, Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian tindakan Kelas (Classroom Action Reaserch). Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart yang berisi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Pendem yang berjumlah 12 siswa. Instrumen digunakan adalah lembar observasi guru, skala motivasi, dan soal evaluasi. jenis analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar IPA siswa mengalami peningkatan. Pada saat kondisi awal persentase rata-rata motivasi belajar IPA sebesar 63,8 termasuk kategori sedang dan hasil belajar IPA siswa kelas V memiliki rata-rata 56,3. Setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TGT (presentasi kelas, TIM, permainan, turnamen, dan penghargaan kelompok) pada ada siklus I, persentase rata-rata motivasi belajar IPA menjadi 73,8% dalam kategori sedang dan hasil belajar IPA memiliki rata-rata 75,1. Pada siklus II rata-rata motivasi belajar IPA siswa mencapai 83,2% termasuk dalam kategori tinggi dan hasil rata-rata hasil belajar IPA mencapai 92,1 dan telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian. Peningkatan tersebut karena guru mempertegas aturan turnamen, dan adanya pembagian tugas dalam kelompok. Kata kunci: motivasi, hasil belajar IPA, kooperatif tipe TGT

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Aug 2017 05:11
Last Modified: 30 Jan 2019 14:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52105

Actions (login required)

View Item View Item