KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI SAMIRONO YOGYAKARTA

Ristyaspuri, Viski (2017) KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI SAMIRONO YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Viski Ristyaspuri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model cooperative learning tipe time token terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Samirono. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental design dengan tipe Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Samirono dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri Samirono yang berjumlah 33 siswa, dengan rincian 17 siswa kelas VA dan 16 siswa kelas VB. Kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan observasi. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian populasi, sehingga teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya Keefektifan Model Cooperative Learning Tipe Time Token terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Samirono Yogyakarta. Hasil penelitian tersebut dibuktikan dengan hasil uji-t (t-test) pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan perolehan nilai t sebesar 2,203, nilai thitung > ttabel (2,203 > 2,042). Kelas eksperimen memperoleh hasil perhitungan selisih mean pretest-posttest sebesar 35,40 sedangkan kelas kontrol memperoleh hasil perhitungan selisih mean pretest-posttest sebesar 27,70. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat dimaknai bahwa kelas eksperimen memiliki perubahan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Kata kunci : model cooperative learning tipe time token, hasil belajar IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Aug 2017 04:34
Last Modified: 30 Jan 2019 14:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52100

Actions (login required)

View Item View Item