PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS 2 SD NEGERI 1 SANDEN

Ratnawati, Tiara Devi (2017) PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS 2 SD NEGERI 1 SANDEN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Tiara Devi Ratnawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif penggunaan model Realistic Mathematic Education (RME) terhadap prestasi belajar pemecahan masalah soal cerita matematika siswa kelas 2 SD Negeri 1 Sanden. Model RME akan memberikan pengalaman yang nyata kepada peserta didik dan memberikan kesempatan peserta didik untuk mengkonstruksi pengetahuan matematika mereka sendiri. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 4-17 April 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD Negeri 1 Sanden kecamatan Sanden kabupaten Bantul. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Data hasil penelitian disajikan menggunakan teknik analisis data statistik deskripstif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan pendekatan realistic mathematic education (RME)terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan t-test prestasi belajar. Nilai thitung = 2,085> ttabel = 2,008, sehingga dapat disimpulkan bahwa perbedaan yang ada adalah signifikan. Pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik membuat siswa aktif mengikuti pembelajaran sehingga kemampuan pemecahan masalah siswa tercapai optimal. Kata kunci: Realistic Mathematic Education (RME), kemampuan pemecahan masalah, soal cerita

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Aug 2017 04:29
Last Modified: 30 Jan 2019 14:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52098

Actions (login required)

View Item View Item