PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI GEOMETRI SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH MUTIHAN

Haniifah, Roosyidah (2017) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI GEOMETRI SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH MUTIHAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Roosyidah Haniifah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe think pair share terhadap kemampuan memecahkan masalah pada pembelajaran matematika materi geometri siswa kelas V SD Muhammadiyah Mutihan. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share, sedangkan pada kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan di kelas. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share dan variabel terikatnya yaitu kemampuan memecahkan masalah siswa pada pembelajaran matematika. Populasi dalam penelitian ini yaitu mencakup seluruh siswa SD Muhammadiyah Mutihan yang berjumlah 77 siswa. Pemilihan kelas dalam penelitian ini yaitu kelas V.1 dan V.2. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan membandingkan nilai rata-rata kedua kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil perolehan skor rata-rata kemampuan memecahkan masalah siswa kelas eksperimen yang diajar menggunakan model cooperative learning tipe think pair share sebesar 17,96 dengan kategori sangat tinggi dan perolehan rata-rata skor kemampuan memecahkan masalah di kelas kontrol sebesar 16,19 dengan kategori tinggi. Skor rata-rata kelas eksperimen mengalami peningkatan sebanyak 6,36 poin. Sedangkan perolehan rata-rata skor kemampuan memecahkan masalah di kelas kontrol mengalami peningkatan sebanyak 3,39 poin. Berdasarkan pernyataan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran dengan model cooperative learning tipe think pair share terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa pada pembelajaran matematika materi geometri di kelas V SD Muhammadiyah Mutihan. Kata kunci: Cooperative Learning tipe Think Pair Share, kemampuan memecahkan masalah, pembelajaran matematika, geometri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Aug 2017 03:52
Last Modified: 30 Jan 2019 14:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52093

Actions (login required)

View Item View Item